Audiensi siswa dengan Menko Maritim dan Investasi RI, Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan

Audiensi siswa dengan Menko Maritim dan Investasi RI, Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan

Nov 19, 2021By admin SMATN

“Berapa nilai matematika mu?” Pertanyaan itulah yang sering saya lontarkan kepada setiap anak muda yang akan bergabung bersama saya di kantor. Pertanyaan itu juga lah yang saya lontarkan kepada 10 siswa SMA Taruna Nusantara yang sedang berkunjung ke kantor saya kemarin untuk mewawancarai , mendengar dan berbagi pengalaman yang sama bagaimana metode pendidikan militer yang pernah saya alami, dan sedang mereka jalani saat ini.

Saya memang tidak pandai dalam bidang matematika, tetapi saya suka dengan orang yang matematikanya hebat. Karena mengingatkan saya kepada ayah saya yang penguasaan matematika nya menurut saya cukup brilian. Dari beliau saya belajar bahwa dengan penguasaan dan pemahaman salah satu bidang sains yang mumpuni, kalian akan bisa menguasai metode “problem solving” di segala bidang. Awalnya saya heran mengapa bakat itu tidak menurun kepada saya, namun saya bersyukur bakat tersebut turun kepada  cucu-cucu saya. Saya bangga sekali melihat salah satu cucu laki-laki saya punya pemahaman matematika yang kuat, bahkan dia mendapatkan award di bidang matematika dan fisika. 

Saya juga menceritakan latar belakang saya mendirikan yayasan pendidikan DEL 20 tahun yang lalu adalah selain karena terinspirasi oleh Pak Benny Moerdani, senior sekaligus mentor saya di militer, saya juga menaruh perhatian besar pada perkembangan sains dan ilmu pengetahuan di Indonesia. Saya yakin dengan akses pendidikan yang terjangkau dan kurikulum yang canggih, akan banyak lahir talenta-talenta dan bibit unggul di bidang sains dari setiap daerah. Kalau saya boleh sombong, seperti contohnya SMA Unggul DEL yang saya dirikan 10 tahun lalu, sekarang bisa mengalahkan SMA Taruna Nusantara yang memang punya “track record” melahirkan lulusan-lulusan terbaik di negeri ini.

Tetapi, saya tegaskan kepada mereka bahwa wawasan intelektual dan penguasaan sains yang mumpuni saja tidak ada artinya tanpa karakter yang baik. 

Karenanya saya berpesan pada mereka bahwa doa yang terbaik adalah perbuatan yang baik, dengan melakukan kebaikan maka secara tidak langsung kita bisa jadi teladan dan membawa manfaat bagi banyak orang. Saya juga sampaikan pada para anak-anak muda hebat ini agar tidak mudah berkecil hati ketika apa yang kamu harapkan tidak menjadi kenyataan, karena pengalaman sebagai prajurit dimana hampir semua operasi militer di pelosok negeri ini saya ikuti tetapi saya tidak pernah mencapai jabatan tertinggi di militer. Justru saya mendapat tugas dan posisi seperti saat ini dari pemerintahan sipil. 

Saya percaya bahwa keberuntungan hanya dimiliki oleh orang yang mempunyai harapan dan tekad yang kuat.

Saya berpesan pada mereka bahwa keberuntungan yang mereka dapatkan karena berhasil menjadi siswa SMA Taruna Nusantara, harus digunakan dengan baik. Karir yang cemerlang bukanlah segalanya, yang paling penting adalah kerja keras dan integritasmu sebagai manusia yang bermanfaat bagi lingkungan terlebih lagi bangsa dan negara yang engkau cintai.

Berita terkait :
https://depok.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-093050932/dapat-kunjungan-dari-10-siswa-sma-taruna-nusantara-luhut-binsar-berapa-nilai-matematikamu

Related post

Top