Tradisi Ziarah Taman Makam Pahlahan & Naik Puncak Tidar TN 32

Tradisi Ziarah Taman Makam Pahlahan & Naik Puncak Tidar TN 32

May 11, 2024By admin SMATN

Dipimpin Kepala SMA Taruna Nusantara Mayjen TNI Purn. Tono Suratman, siswa kelas XII Angkatan 32 melakukan tradisi berziarah dan upacara tabur bunga di TMP Giri Darmoloyo Magelang sebagai bagian dari prosesi penutupan pendidikan.

Hari ini tanggal 10 Mei 2023, setelah berziarah ke TMP, siswa kelas XII yang akan mengakhiri pendidikannya di SMA TN melakukan pendakian ke puncak Bukit Tidar untuk melakukan upacara penurunan bendera Angkatan 32 "Samudra". Tiga tahun lalu, saat mereka pertama kali menjadi siswa SMA TN di masa PDK, bendera ini mereka naikkan.

Tradisi berziarah ke TMP dan naik ke puncak Bukit Tidar memang dilaksanakan dua kali selama menjadi Siswa SMA TN, yakni saat awal dan akhir menjadi Siswa SMA TN. Hal ini sebagai simbol unjuk muka permisi dan berpamitan kepada masyarakat Magelang dan sekitarnya. Besok, mereka Siswa Angkatan 32 akan meninggalkan SMA Taruna Nusantara melalui upacara Prasetia Alumni.

"Ini saatnya kalian meninggalkan SMA Taruna Nusantara dan Magelang, sekaligus juga kalian meninggalkan masa remaja," demikian dikatakan Kepala SMA Taruna Nusantara dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakasek Kesiswaan Mayjen TNI Purn Asrobudi.

Inilah cara SMA Taruna Nusantara mendidik para siswanya untuk selalu rendah hati dalam menyikapi setiap tahapan keberhasilan sekaligus tatakrama untuk hidup di tengah masyarakat.

#prasetiaalumni #samudra #tarunanusantara

Related post

Top