Zola Saputra (TN 26) menjadi runner up di kompetisi Esri Young Scholar Award 2022

Zola Saputra (TN 26) menjadi runner up di kompetisi Esri Young Scholar Award 2022

May 20, 2022By admin SMATN

Keren, Mahasiswa ITB Gagas Aplikasi Mitigasi Bencana Tsunami

Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dari Program Studi Geodesi dan Geomatika, Zola Saputra menjadi runner up di kompetisi Esri Young Scholar Award 2022. Ia meraihnya berkat riset berjudul “MIGAMI (Mitigasi Bencana Tsunami) - An AR&VR Mobile Application using Artificial Intelligence for Tsunami Mitigation”.

Dilansir dari laman resmi ITB, aplikasi tersebut bisa menampilkan informasi dalam bentuk virtual reality. Sehingga memungkinkan masyarakat bisa melihat ketinggian tsunami di sekeliling mereka.

“Kalau ada masyarakat di daerah Pangandaran yang terdampak, mereka juga bisa tahu shelter terdekat mana yang bisa dituju,” jelas Zola.

Lewat studi ini, Zola ingin membuat masyarakat yang resilien akan tsunami dan tangguh ketika ada bencana sejenis. Agar bisa tangguh, perlu pelatihan yang kontinyu dan harus dilakukan mirip dengan kondisi aslinya.

Selain diikutkan kompetisi, topik riset ini sekaligus merupakan Tugas Akhir dari Zola untuk menyelesaikan pendidikan sarjananya. Dalam pengembangan aplikasi, Zola mengungkapkan jika Ilmu yang diperlukan tidak pernah didapat selama berkuliah. Jadi topik tersebut juga membuatnya bisa menambah ilmu baru.

Atas keberhasilannya itu, Zola juga berterima kasih kepada Dr.rer.nat. Wiwin Windupranata yang telah membimbing di penelitiannya itu. Ia juga berpesan kepada semua orang agar mengerjakan suatu hal dengan sepenuh hati dan semangat. (*)

https://www.mainmain.id/r/17239/keren-mahasiswa-itb-gagas-aplikasi-mitigasi-bencana-tsunami

Related post

Top