Ujian Praktik IPA Kelas XII - TN 32

Ujian Praktik IPA Kelas XII - TN 32

Feb 06, 2024By admin SMATN

"Teori apa saja yang bisa Anda buktikan saat Anda diberikan alat dan bahan seperti yang ada di hadapan Anda saat ini, tuliskan teori-teori tersebut dan lakukan salahsatu percobaan atau pembuktian salah satu teori tersebut lengkap dengan langkah-langkahnya dalam 30 menit!” demikian salah satu soal dari Ujian Praktik Biologi, Fisika dan Kimia yang dilaksanakan bagi siswa kelas XII di masing-masing laboratorium di SMA Taruna Nusantara pada hari ini, 6 Februari 2024.

Kemampuan berpikir komprehensif dan terampil melakukan langkah-langkah pengujian saintifik seperti inilah yang diharapkan dari siswa-siswa saat ini. Siswa-siswa ini adalah generasi yang mendapatkan informasi dan pengetahuan yang melimpah dari berbagai sumber ini memang harus diorkestrasi oleh para pendidik cerdas, kreatif, kritis dan inovatif. 

Kurikulum Merdeka memberi ruang terbuka untuk berlangsungnya proses Pendidikan yang memerdekakan dan memberi pencerahan dalam membentuk profil pelajar Pancasila yang menyiapkan generasi emas Indonesia. Laboratorium STEM (sains, teknologi, enjiniring dan matematika) haruslah dihadirkan sebagai tempat para siswa bisa mengeksplorasi fenomena sains dan teknologi sebagai dasar bagi pendidikan lanjutan mereka.

Sekolah berasrama seperti SMA Taruna Nusantara yang dipimpin oleh seorang tokoh dengan kepempimpinan yang kuat dan berintegritas, diampu oleh para pendidik atau Pamong-pamong yang kompeten, dengan kurikulum umum dan kurikulum khususnya, mampu mendidik para siswa yang berkarakter, tangguh, bertanggungjawab, beretos kerja tinggi sehingga selalu siap bekerja keras dan bersungguh-sungguh serta selalu kritis, kreatif dan inovatif dalam menerima dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Related post

Top