Revitalisasi Nilai-Nilai Ketamansiswaan

Berawal dari ditandatanganinya piagam kerjasama ABRI – Perguruan Taman Siswa tgl.20 Mei 1989 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta inilah pendirian dan peresmian SMA Taruna Nusantara tgl.14 Juli 1990 berlangsung. Sejak itulah hingga saat ini pendidikan berasrama SMA Taruna Nusantara dengan Sistem Among Silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh dengan haluan tiga wawasan yakni Wawasan Kejuangan, Wawasan Kebangsaan dan Wawasan Kebudayaan mewarnai Kurikulum Umum dan Kurikulum Khusus SMA Taruna Nusantara 

Salah satu nilai ketamansiswaan dan ajaran Ki Hajar Dewantara paling penting yang sudah dan harus selalu diimplementasikan di SMA Taruna Nusantara Magelang adalah prinsip “Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani.” 

Nilai-nilai ketamansiswaan dan ajaran Ki Hajar Dewantara inilah yang seharian ini sejak pagi hingga malam disegarkan kembali bagi Pamong Pengajar Pengasuh yang bersamaan dengan penataran Calon Pamong SMA Taruna Nusantara Terintegrasi oleh LPTTN yang menghadirkan Sekretaris Majelis Luhur Perguruan Taman Siswa Ki Dr. Saur Panjaitan, MM., M.Pd bersama Tim Taman Siswa hari ini Kamis 19 Juli 2024 di RBP SMA Taruna Nusantara.

Dalam sambutan tertulisnya Kepala SMA Taruna Nusantara Mayjen TNI (Purn.) Tono Suratman mengharapkan agar prinsip-prinsip pendidikan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara dapat dipahami dan diimplementasikan oleh seluruh Pamong SMA Taruna Nusantara, tidak hanya pada dimensi Cipta dan Rasa tetapi juga dalam dimensi Karsa.

David Ratadhi @dratadhi Kabag Humas LPTTN yang menghadiri acara ini mengharapkan agar penyegaran nilai-nilai ketamansiswaan ini dipedomani oleh seluruh pemangku kepentingan penyelenggaraan pendidikan di SMA Taruna Nusantara Terintegrasi, khususnya oleh para Calon Pamong.

Penataran yang sangat menarik, interaktif dan dinamis ini berlangsung lancar dan diikuti secara antusias oleh para Calon Pamong dan bahkan oleh seluruh Pamong Pengajar Pengasuh SMA Taruna Nusantara. Acara rencana ditutup pk.21.00 di RBP SMA TN.

#tarunanusantara #tarunanusantaraterintegrasi #nilainilaiketamansiswaan

Disiplin pribadi menumbuhkembangkan kreativitas – Ki Suratman

Scroll to Top