Tanamkan Jiwa Kemaritiman, Siswa Taruna Nusantara Ikuti Pelayaran Menggunakan Kapal Perang TNI AL

Tanamkan Jiwa Kemaritiman, Siswa Taruna Nusantara Ikuti Pelayaran Menggunakan Kapal Perang TNI AL

Apr 29, 2024By admin SMATN

Guna memotivasi generasi muda bangsa miliki jiwa kemaritiman dan nasionalisme yang tinggi, sebanyak 323 Siswa Taruna Nusantara Kelas XI Angkatan ke-33 melaksanakan praktik kemaritiman dengan mengikuti pelayaran menggunakan Kapal Perang TNI AL yaitu KRI Teluk Palu-523 (KRI TLU-523) yang berlayar dari Jakarta menuju Semarang, Sabtu kemarin (27/04).

Praktik Kemaritiman Siswa Taruna Nusantara Kelas XI Angkatan ke-33 yang dikemas dalam pelayaran ini dimaksudkan agar siswa mendapat kesempatan melihat dari dekat teknologi dan persenjataan yang dimiliki KRI, kehidupan sehari-hari di KRI, serta mengajak siswa lebih mencintai dunia kelautan.

Dalam pelayaran tersebut, para siswa mendapatkan penjelasan tentang tata cara keluar masuk KRI serta tradisi dan kehidupan Prajurit TNI AL selama di atas kapal perang. Selain itu para siswa juga diajarkan berbagai latihan yang biasa dilakukan oleh personel KRI.

Dari kegiatan ini, para siswa mendapatkan pengalaman perdananya meng-explore KRI yang selama ini mempunyai tugas mendukung angkutan laut militer dalam kegiatan pergeseran prajurit ke seluruh wilayah Indonesia.

Komandan KRI TLU-523 Letkol Laut (P) Adrian Wijanarko M.Tr. Opsla menyampaikan bahwa, “para siswa bisa mengambil pelajaran dan pembelajaran sebanyak-banyaknya selama di KRI untuk dijadikan sebagai bekal pengalaman ” ujar Komandan KRI TLU-523.

"Selama pelayaran ketika cuaca dan ombak laut cukup bersahabat, berbagai kegiatan bersama yang melibatkan prajurit KRI dan siswa akan diadakan, diharapkan kegiatan ini akan selalu dikenang oleh siswa," tambahnya.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam menanamkan wawasan kebaharian kepada para penerus bangsa.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

https://www.tnial.mil.id/berita/70450/TANAMKAN-JIWA-KEMARITIMAN,-SISWA-TARUNA-NUSANTARA-IKUTI-PELAYARAN-MENGGUNAKAN-KAPAL-PERANG-TNI-AL/

Related post

Top