Jumpa Tokoh Nasional : Susi Pudjiastuti

Jumpa Tokoh Nasional : Susi Pudjiastuti

May 03, 2024By admin SMATN

Acara Jumpa Tokoh Nasional SMA Taruna Nusantara kali ini, yang dilaksanakan tgl. 2 Mei 2024 bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional dan dalam rangka peringatan Hari Kartini dan Kebangkitan Nasional menghadirkan H.E Dr. (HC) Susi Pudjiastuti, mantan menteri KKP RI.

Ceramah pembekalan yang diawali oleh Sambutan Kepala SMA Taruna Nusantara Mayjen TNI (Purn.) Tono Suratman ini berlangsung hangat, interaktif dan inspiratif diwarnai dengan tanya jawab oleh siswa SMA Taruna Nusantara.

Sebagai pengusaha sukses dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI ia membahas bagaimana memulai usaha perikanan dengan modal kecil, namun memiliki tekad dan kerja keras yang kuat. Lalu diceritakan latarbelakang bagaimana ia memperluas bisnisnya ke industri penerbangan dengan mendirikan maskapai penerbangan Susi Air.

Dengan gayanya yang khas, Susi Pudjiastuti juga memberi inspirasi bagaimana menerapkan seni dan prinsip-prinsip kepemimpinan yang tegas, disiplin, dan berorientasi pada hasil. 

Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi menguraikan pentingnya Indonesia dibangun dengan orientasi negara maritim. Iapun menceritakan kiprahnya memperjuangkan kedaulatan perikanan Indonesia dengan menenggelamkan kapal-kapal asing yang mencuri ikan di wilayah perairan Indonesia.

Susi menguraikan pentingnya mendorong pembangunan industri perikanan yang berdaya saing global, termasuk pengembangan infrastruktur dan teknologi.

Ceramah pembekalan yang  diakhiri dengan tanya jawab ini secara implisit menyampaikan pesan moral dan motivasi kepada seluruh siswa SMA Taruna Nusantara agar berjiwa ksatria yakni berani mengambil risiko dan keluar dari zona nyaman untuk mencapai kesuksesan.

#susipujiastuti #negaramaritim #jumpatokohnasional #tarunanusantara

Related post

Top