Brigjen Achiruddin (TN 2) jabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden

Brigjen Achiruddin (TN 2) jabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden

Nov 30, 2023By admin SMATN

Mutasi TNI, Brigjen Achiruddin Ditunjuk Jadi Danpaspampres

Brigjen Achiruddin menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menggantikan Mayjen Rafael Granada Baay.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menunjuk Brigjen Achiruddin menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menggantikan Mayjen Rafael Granada Baay.

Penunjukan itu tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 29 November. Total ada 49 perwira tinggi yang dimutasi.

Achiruddin sebelumnya adalah Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus.

Dengan jabatan barunya ini, ia bakal naik pangkat menjadi bintang dua atau mayor jenderal. Sementara pejabat lama yakni Mayjen Rafael Granada Baay ditunjuk menjadi Pangdam V/Brawijaya.

Jabatan Wadanjen Kopassus yang ditinggalkan Achiruddin kini dijabat Brigjen Yudha Airlangga. Ia sebelumnya adalah Danpusdiklatpassus Kopassus.

Dalam mutasi ini, Agus juga menunjuk Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi menjadi Danrem 061/SK (Bogor) Kodam III/Slw menggantikan Brigjen Anan Nurakhman.

Faisol sebelumnya adalah Dangrup A Paspampres. Grup A Paspampres bertugas mengamankan Presiden beserta keluarga. Faisol bakal pecah menjadi bintang satu atau brigadir jenderal dengan jabatan barunya.

(yoa/bmw) https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231129185103-20-1030695/mutasi-tni-brigjen-achiruddin-ditunjuk-jadi-danpaspampres.

Related post

Top