Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema "Kearifan Lokal" Siswa kelas XI TN 33

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema "Kearifan Lokal" Siswa kelas XI TN 33

Jun 09, 2024By admin SMATN

Dalam rangka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema "Kearifan Lokal", siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara, pagi ini hingga siang tgl. 8 Juni 2024 melaksanakan kegiatan membatik kain "Batik Nusantara" bertempat di Omah Mbudur Borobudur.

Kegiatan P5 kali ini berkolaborasi dengan Budayawan Nuryanto pemilik Lidiah Art dan Omah Mbudur.

Setiap siswa menciptakan desain batik yang mencerminkan ciri khas daerah masing-masing di Nusantara. Desain-desain ini kemudian dipadukan menjadi satu gambar batik utuh yang memancarkan keindahan dan keragaman budaya Indonesia. 

Melalui proses ini, siswa tidak hanya belajar tentang teknik membatik, tetapi juga belajar memaknai kekayaan budaya yang dimiliki negeri ini.

Menurut Koordinator Pamong Pembimbing P5 Ana Murwati, S.Si., M.Pd. kegiatan membatik ini mengembangkan berbagai dimensi karakter dalam diri setiap siswa, sesuai dengan tujuan dari P5. Dalam setiap tahapnya, siswa didorong untuk menunjukkan kemandirian dan kreativitas.

Selain itu, proses kolaboratif ini mengajarkan mereka tentang pentingnya sikap gotong royong serta menghargai perbedaan dan keberagaman, yang merupakan esensi dari berkebhinnekaan.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Omah Mbudur ini bukan yang pertama, sehingga kegiatan yang melibatkan semua siswa kelas XI bersama seluruh Pamong Pengajar Pengasuhnya ini seperti memindahkan sekolah tempat dengan suasana dan lingkungan baru.

#membatik #batik #omahmbudur #borobudur #tn33 #smatarunanusantara

Related post

Top