Peringatan Iedul Kurban 1445 H

Peringatan Iedul Kurban 1445 H

Jun 18, 2024By admin SMATN

Pelaksanaan Hari Raya Iedul Adha tahun 1445 H (17 Juni 2024) di SMA Taruna Nusantara kali ini terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Betapa tidak, karena untuk pertama kalinya setelah lebih dua puluh tahun, sholat berjamaah Iedul Adha dilaksanakan di Masjid Pangsar Soedirman yang "baru" setelah direvovasi besar-besaran oleh IKASTARA . 

Bahkan tadi malam, di masjid "baru" yang sangat bersih dan nyaman ini diselenggarakan pengajian malam takbir yang diikuti oleh seluruh Pamong dan Siswa muslim, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu di Pelataran Balairung Pancasila. 

Selain itu, untuk pertama kalinya juga rangkaian pemotongan, pencacahan, dan pembungkusan hewan kurban dilaksanakan di  Hutan Jati Bumi Perkemahan SMA TN. 

Kegiatan ini dilaksanakan sekitar satu jam setelah seluruh jamaah meninggalkan masjid usai sholat Ied, dan Kepala SMA Taruna Nusantara Mayjen TNI (Purn.) Tono Suratman beserta Ny. Lia Tono Suratman menyambut jamaah dan mengucapkan selamat hari raya Iedul Adha yang dilanjutkan makan pagi.

Rangkaian penanganan hewan kurban melibatkan seluruh siswa SMA TN dan seluruh Pamong Pengajar Pengasuh yang bahu membahu bekerjasama mengelola hewan kurban hingga menjadi bungkusan daging yang siap didistribusikan kepada pihak-pihak yang berhak.

Menteri Pertahanan RI H. Prabowo Subianto yang juga Pembina SMA Taruna Nusantara, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, dan Kepala LPTTN Sugiono, MBA. menyumbang hewan kurban masing-masing satu ekor sapi. 

Jumlah hewan kurban di SMA TN kali ini adalah 12 sapi dan 63 kambing yang berasal dari Siswa, Orangtua Siswa, Pengurus Sekolah dan Pamong/keluarga.

Pamong Ketua Panitia Iedul Adha th.1445 H. Sigit Purwanto, S.Pd.I, M.Pd. menyatakan bahwa melalui kegiatan ini siswa diharapkan mendapat nilai-nilai pembelajaran tentang pentingnya berbagi dan menghormati sesama. 

Sebagai lembaga pendidikan, SMA Taruna Nusantara menjadikan hari raya Idul Adha 1445 H. bukan hanya sebagai ibadah bagi yang beragama Islam semata, tetapi juga sebagai sarana pendidikan bagi seluruh Siswa SMA Taruna Nusantara.

Related post

Top