Pandatara SMA Nusantara Magelang Hadirkan Honai dan Cenderawasih

Pandatara SMA Nusantara Magelang Hadirkan Honai dan Cenderawasih

Nov 04, 2022By admin SMATN

 

Paraparatv.id | Magelang | Guna meneruskan leluhur budaya Nusantara, SMA Taruna Nusantara Magelang Jawa Tengah gelar Pameran Seni dan Budaya Nusantara yang berlangsung mulai 3 November hingga 6 November 2022.

Wawasan Kebudayaan adalah salah satu ciri khas yang membedakan SMA Taruna Nusantara dari institusi pendidikan lainnya. Sejak awal didirikan, SMA tersebut telah menyadari pentingnya mendidik generasi muda Indonesia untuk melestarikan kebudayaan di tengah derasnya arus globalisasi dan modernisasi.

Salah Seorang Siswi SMA Taruna Nusantara asal Provinsi Papua yang merupakan Duta Nusantara Perwakilan Papua Maluku, Dorkas Wakerkwa mengatakan kegiatan Pandatara tersebut rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Namun ditahun ini lebih spesial karena menghadirkan Patung Cenderawasih dan Honai Replika yang mirip dengan aslinya serta didatangkan langsung dari Papua.

” Kegiatan ini rutin kami laksanakan sebagai bentuk pengenalan akan budaya diseluruh Nusantara Indonesia, mengingat di zaman moderen seperti ini banyak anak muda yang kerap melupakan budaya Indonesia kali ini kami mau mengajak kaum muda untuk mengenal dan melestarikan budaya Nusantara ” Ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Siswa Perwakilan SMA Taruna Nusantara yang juga Duta Nusantara Perwakilan Papua Maluku, Maklon Sapari.

Menurutnya kegiatan yang dilaksanakan SMA Taruna Nusantara sebagai bagian serta upaya pihaknya untuk melestarikan budaya serta Para Siswa dan Siswi belajar mengkoordinir kegiatan.

Jelajahi seluruh wilayah dan kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke dalam 4 hari hanya di 1 tempat.

Selain menyajikan pameran budaya pihaknya juga menyajikan aneka kuliner khas dari seluruh Nusantara Indonesia. ( GR)

Ket Foto: Maklon Sapari (kiri) dan Dorkas Wakerkwa (kanan) Duta Nusantara Perwakilan Papua Maluku
https://www.paraparatv.id/2022/11/pandatara-sma-nusantara-magelang-hadirkan-honai-dan-cendrawasih-replika

Related post

Top