Hari Ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Buka Pandatara 2019

Hari Ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Buka Pandatara 2019

Nov 02, 2019By admin SMATN

PENAMPILAN TARI NUSANTARA : Siswa-siswi mengikuti kirab budaya nusantara pada Pandatara 2017 lalu. Pagi ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dijadwalkan membuka Pandatara tahun 2019. (Dokumentasi Jawa Pos Radar Kedu)
PENAMPILAN TARI NUSANTARA : Siswa-siswi mengikuti kirab budaya nusantara pada Pandatara 2017 lalu. Pagi ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dijadwalkan membuka Pandatara tahun 2019. (Dokumentasi Jawa Pos Radar Kedu)
 

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID –Jumat (1/11) ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka secara resmi Pameran Seni dan Budaya Nusantara (Pandatara) tahun 2019 di SMA Taruna Nusantara Magelang. Pandatara diselenggarakan SMA Taruna Nusantara Magelang sebagai upaya merajut dan mengukir budaya nusantara dalam bingkai persatuan.

Setelah membuka Pandatara, Ganjar direncanakan mengunjungi 11 anjungan nusantara yang menampilkan keanekaragaman budaya nusantara. Setelah itu, ia memberikan transfer knowledge kepada perwakilan OSIS se-Jateng dalam ‘Gubernur Mengajar’ di GOR SMA TN.

Ketua Panitia Pandatara Tahun 2019, Bambang Edi S SSos mengatakan, dalam kegiatan ini akan ditampilkan 24 tarian dari nusantara, reog ponorogo, angklung, juga lenong. “Juga ada penampilan permainan tradisional Sampek, degung pencak silat. Tidak ketinggalan pula Tari Soreng yang mendunia juga akan tampil dalam rangkaian Pandatara Tahun 2019. Untuk hari ini, penampilan SMP N 3 Muncar Banyuwangi membawakan Jejer Gandrung dan Jaran Goyang. Juga nanti Tari Merak, Jathilan, Tor-tor, Yosfan, Enggang, Sirih Kuning, Sekapur Sirih, Kecak, juga Paduan Suara Kicir-kicir serta Degung Pencak Silat,” katanya.

Bambang Edi menuturkan, Pandatara akan berlangsung mulai hari ini hingga Minggu (3/11) mendatang. Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum, remaja, pemuda dan pelajar.

Pandatara juga akan diwarnai atraksi macam-macam seni dan kirab budaya yang menunjukkan kekayaan nusantara. “Juga akan ada lomba yang menarik untuk jenjang TK/SD/SMP/SMA/SMK. Sedangkan lomba untuk intern siswa SMA Taruna Nusantara adalah lomba Duta Nusantara dan kompetisi anjungan daerah dalam berwirausaha. Akan turut meramaikan Pandatara adalah artis Rizky Febian dan Ten 2 Five yang tampil dalam Malam Gebyar pada Sabtu (2/11) malam,” tuturnya.

Kepala SMA TN Magelang, Brigjen (Purn) Soebagio SIP,menambahkan, melalui Pandatara, maka bisa mengenal seni budaya nusantara yang sangat kaya. Pandatara juga bisa memupuk rasa cinta terhadap budaya nusantara, dan persatuan.

“Pandatara juga merupakan media pembelajaran organisasi dan kepemimpinan bagi siswa SMA TN. Selain itu, Pandatara memang sebagian besar direncanakan dan dilaksanakan oleh siswa, juga menjadi media pengembangan entreupreneurship, advertorial maupun manajerial bagi siswa SMA TN. Mari, hadiri Pandatara di SMA TN dan jadikan sebagai media mengenal keragaman yang ada di nusantara,” tukasnya. (adv/had/ton)

https://radarsemarang.jawapos.com/berita/radar-kedu/magelang/2019/11/01/hari-ini-gubernur-buka-pandatara-2019/

Related post

Top