Letda Rafi Naufal Afriansyah (TN 26) mengaku bangga menjadi Taruna peraih Adhi Makayasa 2022 dari Akademi Militer

Letda Rafi Naufal Afriansyah (TN 26) mengaku bangga menjadi Taruna peraih Adhi Makayasa 2022 dari Akademi Militer

Jul 16, 2022By admin SMATN

Jakarta - Letda Rafi Naufal Afriansyah mengaku bangga menjadi taruna peraih Adhi Makayasa 2022 dari Akademi Militer (Akmil). Letda Rafi bisa membawa orang tua datang ke pelantikan perwira TNI-Polri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana.

"Alhamdulillah saya sangat bangga tahun ini bisa meraih penghargaan Adhi Makayasa, alhamdulillah bisa membanggakan kedua orang tua saya, bisa membawa kedua orang tua saya ke Istana Negara," kata Rafi di Mabes AD, Kamis (14/7/2022).

Rafi kemudian menjelaskan aspek yang membuatnya mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa. Beberapa di antaranya keunggulan dalam pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dan jasmani.

"Ada tiga aspek, yang pertama tanggap. Tanggap itu pengetahuan dan keterampilan, kemudian tanggap itu kepribadian dan sikap perilaku, terakhir itu trengginas itu jasmani, kemampuan fisik. Jadi dari ketiga aspek itu ditotal yang paling tinggi dari tingkat satu sampai tingkat empat mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa," jelasnya.

Pria kelahiran Yogyakarta, 19 Mei 2000, itu bangga bisa meraih prestasi ini, terlebih latar belakang keluarganya yang bukan dari kalangan militer. Dia menuturkan menjadi anggota TNI merupakan keinginan sendiri.

"Keinginan saya sendiri dan pasti selalu di-support oleh orang tua. Saya bukan dari keluarga militer, jadi baru saya yang menjadi militer di keluarga besar saya," ujarnya.

Rafi mengatakan saat ini dirinya belum mengetahui akan ditempatkan di mana. Namun dia menegaskan siap berdinas di mana saja.

"Saat ini kami masih menunggu untuk pengumuman informasi penempatan, setelah ini melaksanakan cuti, baru setelah cuti kami masih ada pendidikan lagi. Pendidikan perwira pelatih, nanti setelah itu baru tahu akan ditempatkan di mana. Pasti di mana pun saya ditempatkan di mana saja," pungkasnya.

Sebelumnya, upacara pelantikan perwira TNI-Polri ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pagi tadi. Upacara ini diikuti seluruh lulusan Akmil, AAU, AAL, Akpol. Acara dimulai dengan dikumandangkannya lagu 'Indonesia Raya'.

Setelah itu dibacakan mengenai surat keputusan presiden terkait pengangkatan perwira TNI-Polri. Dalam surat keputusan presiden itu dibacakan penerima Adhi Makayasa dari keempat instansi tersebut, yakni:

1. Rafi Naufal Afriansyah sebagai Adhi Makaysa dari Akademi Militer
2. Elang Tri Esthi Fitrananda sebagai Adhi Makayasa Akademi Angkatan Laut
3. Jeremia Zophie Pramudya sebagai Adhi Makayasa Akademi Angkatan Udara
4. Adira Rizky Nugroho sebagai Adhi Makayasa Akademi kepolisian

(knv/knv)
https://news.detik.com/berita/d-6179455/cerita-letda-rafi-peraih-adhi-makayasa-bangga-bawa-ortu-ke-istana.

Related post

Top