Dikunjungi Pelajar SMA Taruna Nusantara, Sekda Tekankan Pentingnya Peran Pimpinan Cegah Korupsi

Dikunjungi Pelajar SMA Taruna Nusantara, Sekda Tekankan Pentingnya Peran Pimpinan Cegah Korupsi

Mar 08, 2023By admin SMATN

SEMARANG – Seorang pemimpin di instansi atau lembaga apapun,  mempunyai peran penting atau kunci dalam mencegah dan memberantas korupsi. Pemimpin berintrgritas tinggi akan selalu memberikan contoh yang baik kepada para bawahan, agar tidak melakukan korupsi atau mengambil yang bukan haknya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, saat menjawab pertanyaan yang diajukan siswa SMA Taruna Nusantara Magelang, Vittorio Sabastian, tentang upaya Pemprov Jateng untuk mencegah dan memberantas korupsi di Jateng, Selasa (7/3/2023).

Di hadapan 326 orang pelajar SMA Taruna Nusantara yang sedang melaksanakan studi wisata di Grhadhika Bhakti Praja, Sekda menjelaskan, antikorupsi akan lebih efektif apabila pemimpin yang mencontohkan. Sebab, menurutnya pimpinan adalah kunci untuk mencegah dan memberantas praktik korupsi dengan tetap menjaga integritas yang tinggi, serta tidak mengambil yang bukan haknya.

“Pemimpin menjadi kunci. Percuma kalau pada level bawah yang berintegritas, tetapi pimpinannya minta setoran. Sekuat apapun ini akhirnya pasti akan jebol, karena adanya tekanan dari pimpinan sehingga pimpinan menjadi kunci,” ujarnya.

Ditambahkan, apabila pimpinan berintegritas, akan memberi contoh kepada bawahannya. Sebaliknya, jika seorang pemimpin meminta setoran kepada anak buah, maka dipastikan anak buah atau bawahaannya akan berbuat lebih dari yang dilakukan oleh pimpinan. Hal itu terjadi karena bawahan merasa mendapat legitimasi atau disahkan, dan diberi keleluasaan oleh pimpinan untuk melakukan korupsi.

“Di Pemprov Jateng, Pak Gubernur Ganjar Pranowo telah memberikan contoh dengan mengajak seluruh bawahannya bergerak mencegah korupsi. Juga tentang integritas, bahkan sejak pertama kali beliau (Ganjar) menjabat, sangat menekankan integritas,” kata sekda.

Oleh karena itu, terang Sumarno, pejabat Pemprov Jateng dari paling atas hingga bawah, senantiasa menjaga dan melaksanakan tageline “Mboten Korupsi Mboten Ngapusi”. Selain itu, gubernur juga terus berupaya mencegah adanya praktik korupsi, salah satunya transparansi informasi dengan selalu melakukan pemantauan Laporan Harta Kekayaan penyelenggara Negara (LHKPN) para ASN di lingkungan Pemprov Jateng. (Humas Jateng)*ul

https://jatengprov.go.id/publik/dikunjungi-pelajar-sma-taruna-nusantara-sekda-tekankan-pentingnya-peran-pimpinan-cegah-korupsi

       

Related post

Top