Bupati Magelang Zaenal Arifin membuka Pameran Seni dan Budaya Nusantara di Balairung Pancasila, Kompleks SMA Taruna Nusantara

Bupati Magelang Zaenal Arifin membuka Pameran Seni dan Budaya Nusantara di Balairung Pancasila, Kompleks SMA Taruna Nusantara

Nov 04, 2022By admin SMATN

Pameran Seni dan Budaya yang diselenggarakan para siswa SMA Taruna Nusantara ini, sebagai bentuk peran serta dalam mendukung pengembangan pelestarian adat, tradisi, budaya daerah dan kearifan lokal nusantara sebagai warisan leluhur yang harus senantiasa dijaga. 

SMA Taruna Nusantara merupakan suatu lembaga yang mendidik dan menjaga Indonesia ke depan. Melalui kegiatan ini SMA Taruna Nusantara menampilkan berbagai keanekaragaman seni dan budaya asli Indonesia.

Kepada siswa-siswi SMA Taruna Nusantara, bupati pun berpesan, untuk terus belajar dengan baik karena tantangan Indonesia ke depan semakin luar biasa. Kondisi geopolitik Global berubah begitu cepat dan tidak menentu serta berkembang sangat dinamis saat ini.

"Maka anak-anak SMA Taruna Nusantara harus mempersiapkan betul-betul untuk menjaga Indonesia kita degan baik," ajak bupati. 

Perlu diketahui, pada pameran Seni dan Budaya ini terdapat miniatur atau anjungan seni dan budaya dari Sabang sampai Merauke seperti produk-produk kuliner maupun kerajinan kesenian dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Papua, Bali dan dari daerah lainnya.

Kepala SMA Taruna Nusantara, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, mengatakan dalam kegiatan tersebut dipamerkan keragaman kecantikan seni budaya dan  dipersembahkan sebagai sumbangsih SMA Taruna Nusantara. 

Para siswa yang berasal dari seluruh pelosok tanah air untuk memperkuat kebanggaan keIndonesiaan sebagai sebuah bangsa.

Menurut data Kemendikbud-Ristek 2022, di Indonesia terdapat 1.340 suku, 6 Ras utama, 718 bahasa daerah, 6 agama, dan 9.770 warisan budaya. 

Di antara warisan budaya itu ada 1.239 warisan budaya non benda seperti 378 seni pertunjukan, 352 warisan budaya adat istiadat dan ritual dan 281 kerajinan tradisional dan banyak lagi lainnya.

"Kami bersama seluruh siswa, hari ini bersemangat untuk mengantar dan mengekspresikan kekayaan pesona Nusantara melalui anjungan-anjungan seni dan budaya mulai dari Papua hingga Sumatera," kata Tono.

Ia berharap, Pameran Seni dan Budaya ini bisa semakin menyadarkan masyarakat luas bahwa sesungguhnya Indonesia adalah bangsa yang besar dan sangat membanggakan.

"Pameran seni budaya ini bisa menumbuhkan nilai-nilai edukatif, inspiratif dan nilai kreatif bukan hanya untuk siswa kami, tapi juga untuk para pengunjung keluarga masyarakat Magelang, Jawa Tengah dan sekitarnya," ujarnya. 

https://www.rmoljawatengah.id/bupati-magelang-buka-pameran-seni-dan-budaya-nusantara-di-sma-taruna
Editor : Takhrodjie

Related post

Top