Prawirohusodo dengan RS Mata Yap dalam Sosialisasi Museum dan Kesehatan Mata

Prawirohusodo dengan RS Mata Yap dalam Sosialisasi Museum dan Kesehatan Mata

Apr 01, 2023By admin SMATN

Minat Masyarakat khususnya peserta didik tentang belajar sejarah di museum mulai menunjukan peningkatan seiring berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan banyak museum khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan perubahan dalam hal ini menambahkan fasilitas museum dan mengikuti perkembangan zaman sehingga para generasi milenial tetap bisa memanfaatkan fasilitas museum dengan gembira. Kegiatan sosialisasi tentang kebudayaan khususnya sejarah museum kepada peserta didik untuk lebih menghargai dan mencintai warisan budaya dan terus melestarikannya.

Dengan adanya kegiatan museum goes to school harapannya kegiatan ini akan berdampak positif baik terhadap pengembangan fungsi museum maupun karakter peserta didik yang mulai menanamkan nilai sejarah untuk mencintai dan menghargai sejarah. Kegiatan Kolaborasi Museum dan Rumah Sakit Mata Yap rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan ini menjadi program kerja museum yang wajib dilaksanakan dalam mengenalkan museum ke generasi muda dalam tingkat peserta didik SD/SMP/SMA. Dengan adanya kegiatan ini museum berpartisipasi dalam peningkatan pengetahuan sejarah dan mendekatkan museum dengan para generasi milenial untuk belajar dan mencintai sejarah dan tetap bisa mengikuti perkembangan zaman yang sangat pesat namun tidak meninggalkan sejarah masa lalu.

Kolaborasi Museum Dr.Yap dengan Rumah Sakit Mata Yap bukan yang pertama kali dilaksanakan. Setiap tahun kolaborasi rutin ini juga dilaksanakan dan pada kesempatan kali ini dengan visi yang sama yaitu mengenalkan sejarah dari sisi Museum dan promosi Kesehatan tentang Kesehatan mata dari sisi RS Mata Yap. Kolaborasi ini juga bekerjasama dengan SMA Taruna Nusantara Magelang. Dalam kegiatan kali ini diawali dengan sambutan dari Wakil Kepala Sekolah SMA Taruna Nusantara selanjutnya sosialisasi tentang menjaga Kesehatan mata dan diakhiri dengan presentasi dari Museum Dr.Yap yang memberikan informasi sejarah sampai koleksi yang ada di museum Dr.Yap Prawirohusodo.

Pihak Sekolah SMA Taruna Nusantara berharap kegiatan positif yang seperti ini harus tetap diadakan secara rutin agar generasi muda Indonesia sadar sejarah Bangsa Indonesia dan bersama-sama membangun menjadi negara kuat yang berbudaya melalui sejarah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X dan XI. Testimoni dari salah satu peserta bahwa kegiatan yang menarik dan baru di dapatkan kali ini tentang sosialisasi dan pengenalan museum ke sekolah. Harapannya setelah acara ini selesai sisa-siswi SMA Taruna Nusantara bisa dating langsung ke Museum Dr.Yap untuk bisa merasakan langsung melihat koleksi-koleksi unggulan yang ada di museum tidak hanya melalui gambar dan slide presentasi.

Kegiatan ini terselenggara melalui kerjasama antara Yayasan Prawirohusodo dengan SMA Taruna Nusantara Magelang dan kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat semakin mendekatkan keberadaan Museum dan paham akan pentingnya Kesehatan mata dalam menjelajahi dunia. Sebagai generasi muda yang sadar akan sejarah membuat tabungan bagi bangsa Indonesia untuk mencapai Indonesia yang Kuat, Tanggung dan Berbudaya.

Imam Fungani Duta Museum untuk Museum Dr.Yap

https://budaya.jogjaprov.go.id/berita/detail/1445-kolaborasi-museum-dr-yap-prawirohusodo-dengan-rs-mata-yap-dalam-sosialisasi-museum-dan-kesehatan-mata-di-sma-taruna-nusantara-magelang

Related post

Top