Peringatan Nuzulul Qur'an 2022

Peringatan Nuzulul Qur'an 2022

Apr 19, 2022By admin SMATN

Bertepatan dengan tgl.17 Ramadan 1443 H (Senin, tgl.18 April 2022) Keluarga Besar SMA Taruna Nusantara menyelenggarakan Peringatan Nuzulul Qur'an dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim bertempat di Balairung Pancasila.

Dalam sambutannya Kepala SMA Taruna Nusantara Mayjen TNI (Purn.) Tono Suratman menyatakan bahwa Peringatan Nuzulul Qur'an yang mengundang seluruh Pamong dan Siswa SMA TN baik muslim maupun non muslim dimaksudkan agar seluruh Keluarga Besar SMA TN secara bersama-sama meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME. 

Bahkan Pamong dan Siswa Nasrani pada saat yang hampir bersamaan melaksanakan puasa sebagai rangkaian Hari Paskah yang puncaknya dilaksanakan hari Minggu kemarin.

Uraian hikmah Peringatan Nuzulul Qur'an disampaikan oleh Dr. KH. Ahmad Labib Asrori, SE., MM. (Katib Syuriah PCNU Kab. Magelang yang juga mantan Ketua DPRD Kab. Magelang). 

Beliau menyampaikan bahwa pesan suci dari turunnya Al Qur'an yaitu perintah "Iqra" adalab perintah membaca kepada ummat Islam. Membaca (iqra) yang dimaksud adalah membaca teks maupun membaca non teks termasuk membaca fenomena-fenomena dan hukum alam.

Peringatan Nuzulul Quran ini diawali dengan rebana qasidah Siswa SMA TN dan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Siswa Wisnu. Acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Menurut Pamong PAI SMA TN Agus Budi S.Ag. acara diikuti oleh 733 Siswa SMA TN, 129 Pengurus dan Pamong serta 31 Pengurus IKKP, dan menghadirkan 64 anak yatim piatu dari Panti Asuhan Fatimah AzZahra Borobudur.

Rangkaian acara diakhiri dengan pemberian santunan kepada seluruh anak yatim piatu dan ditutup dengan shalat taraweh bersama.

Related post

Top