Miniatur Tugu Garuda Perkasa Diarak Anak Anak Kalimantan Di Pandatara Magelang 2022

Miniatur Tugu Garuda Perkasa Diarak Anak Anak Kalimantan Di Pandatara Magelang 2022

Nov 08, 2022By admin SMATN

NUNUKAN – Pelajar asal Kalimantan di SMA Taruna Nusantara (TN) menampilkan miniatur Tugu Garuda Perkasa, sebagai salah satu ikon di perbatasan RI – Malaysia di Pulau Sebatik, dalam kirab Pameran Budaya Nusantara (Pandatara) 2022, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (6/11).

Muhammad Abde, ketua Panda Borneo, menuturkan, miniatur Tugu Garuda Perkasa, ditunjukkan sebagai pesan pantang menyerah bagi generasi muda Kalimantan yang tengah belajar di SMA TN.

‘’Kami anak perbatasan memiliki semangat pantang menyerah dan membuktikan bahwa kami bisa bersaing dengan anak-anak perkotaan,’’ ujar Abde, saat dikonfirmasi.

Lanjut Abde, tugu yang menjadi simbol Pulau Sebatik ini, juga menggambarkan sejarah perjuangan serta menjadi kebanggaan masyarakat di perbatasan RI – Malaysia.

‘’Tugu Garuda Perkasa adalah tentang betapa perkasanya anak anak perbatasan yang hidup di ujung negeri. Semangat itu yang kita bawa untuk terus belajar meraih cita-cita kami,’’ lanjut Abde.

Selain menggotong Tugu Garuda Perkasa, anak anak Kalimantan dari berbagai wilayah di Borneo tersebut, juga mengenakan pakaian khas adat dayak, sesuai etnis masing masing.

‘’Sesuai dengan falsafah di burung Garuda, Bhinneka Tunggal Ika. Di Pandatara ini, kita tunjukkan budaya kita, kekhasan nusantara yang akan menjadi kekayaan bangsa yang harus kita lestarikan,’’ kata Abde.

Sebagai informasi, Pandatara merupakan event dua tahunan yang digelar SMA TN. Tahun ini, diikuti oleh 17.508 pulau, 37 Provinsi, 98 kota, dan 416 Kabupaten di Indonesia. (Dzulviqor)

https://kabarnunukan.com/miniatur-tugu-garuda-perkasa-diarak-anak-anak-kalimantan-di-pandatara-magelang-2022

Related post

Top