Kirab Budaya Pandatara Sukses Hadirkan Pertunjukkan Seni Nusantara ke Kota Magelang

Kirab Budaya Pandatara Sukses Hadirkan Pertunjukkan Seni Nusantara ke Kota Magelang

Nov 08, 2022By admin SMATN

 

Penampilan Jathilan menjadi salah satu kesenian Nusantara yang dihadirkan dalam kirab budaya Pandatara, di Kota Magelang, Minggu (06/11/2022) 

 

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Berbagai macam seni budaya nusantara berhasil ditampilkan dalam Pameran Seni Budaya Nusantara (Pandatara) yang digelar di pusat Kota Magelang , pada Minggu (06/11/2022).

Sebanyak 11 kontingen gabungan provinsi di Indonesia menampilkan kekayaan budayanya lewat tarian, baju adat, hingga kostum khas daerah masing-masing.

Kesebelas kontingen tersebut yaitu, Panda Sumatera I, Panda Sumatera II, Panda DKI Jakarta, Panda Jawa Barat dan Banten, Panda Jawa Tengah, Panda D.I. Yogyakarta, Panda Jawa Timur, Panda Bali dan Nusa Tenggara, Panda Kalimantan, Panda Sulawesi, serta Panda Papua dan Maluku.

Tak hanya itu ragam kesenian asli wilayah Magelang pun tak luput ditampilkan seperti, Jathilan, Tari Soreng, maupun Tari Topeng.

Kepala SMA Taruna Nusantara  (TN) sekaligus penyelenggara kegiatan Mayor Jenderal TNI (Purn.) Tono Suratman menyatakan, pihaknya ingin membuka dan mengajak masyarakat untuk semakin memahami betapa luasnya Indonesia.

"Betapa beragamnya Indonesia, betapa indahnya Indonesia dan betapa membanggakannya negeri kita Indonesia. Sedangkan, secara internal kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembelajaran bagi siswa- siswi terkait dengan manajemen, kepemimpinan dan organisasi sebagai calon pemimpin bangsa,"ujarnya usai kegiatan di Alun-Alun Kota Magelang , Minggu (06/11/2022).

Kegiatan ini, lanjutnya, diikuti oleh pelajar Taruna Nusantara, pelajar SMP/SMA/SMK di Kota Magelang, serta sanggar-sanggar budaya yang ada di wilayah Magelang .

"Ada 1043 siswa-siswi kami yang berpartisipasi langsung dalam kegiatan ini. Serta, pelajar-pelajar dari berbagai tingkat yang ada di Kota Magelang . Kemudian, kami juga melibatkan sanggar maupun komunitas budaya yang ada di wilayah Magelang ,"ungkapnya.

 

Ia berujar, kegiatan ini direncanakan akan digelar setiap tahunnya.

Tentunya, selain bisa menghibur warga Magelang dan wisatawan yang menonton, diharapkan juga sebagai penggerak roda ekonomi dan pariwisata di Magelang dan sekitarnya.

"Sedikit banyak bisa bergerak sehingga dengan demikian kita bisa menikmati suasana Kirab Budaya Nusantara ini dengan penuh kegembiraan dan suka cita bersama. Sebenarnya, kirab budaya seperti ini baru pertama kali kami lakukan,"terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengatakan, sangat mengapresiasi diadakannya kirab budaya di wilayahnya.

"Kirab budaya dari siswa-siswi ini sangat luar biasa. Dan, ini merupakan kolaborasi Pemerintah Kota Magelang dan pengelola Taruna Nusantara. Dan, ini mudah-mudahan menjadi gambaran nyawijinya antara Taruna Nusantara dan Pemerintah Kota. Dan, ini juga menjadi gambaran bahwa Magelang ini bisa menampung semua seni yang ada di seluruh Indonesia," urainya. ( Tribunjogja.com )

https://jogja.tribunnews.com/2022/11/06/kirab-budaya-pandatara-sukses-hadirkan-pertunjukkan-seni-nusantara-ke-kota-magelang
Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti

Related post

Top