Cerita Marsma TNI Wastum (TN 1) dari SMA - AAU - Pilot F-16 dan setir mobil

Cerita Marsma TNI Wastum (TN 1) dari SMA - AAU - Pilot F-16 dan setir mobil

Jul 08, 2022By admin SMATN

Komandan Komando Sektor III Koopsud III, Marsekal Pertama TNI Wastum belajar menyetir mobil setelah mahir menerbangkan pesawat tempur F-16. Pria asal Cirebon tersebut merupakan peraih Adhi Makayasa Angkatan Udara 1996.

Awalnya Wastum diminta oleh instrukturnya dulu bernama Tatang Harliansyah untuk menyopir mobil. Namun Wastum meminta agar temannya saja yang mengendarai mobil.

"Wastum setelah terbang kamu yang nyupir ya," kata Wastum menirukan Tatang dalam akun Youtube Jenderal Andika Perkasa, Kamis (7/7/2022).

"Saya bilang lebih baik teman saya sir. Terus Pak Tatang jawab saya mau kamu," imbuhnya.

Usai mendengar jawaban komandannya, Wastum langsung memegang kunci mobil. Lagi-lagi, dia meminta agar temannya bernama Firmansyah yang mengendarai mobil. 

Bukan tanpa alasan, dia meminta temannya menyopiri mobil komandan. Sebab dirinya tidak bisa menyetir mobil.

"Izin sir saya belum bisa nyupir, katanya justru saya ingin kamu yang nyupir," kata Wastum yang menirukan Tatang. Akhirnya dia menjadi sopir mobil komandannya.

Ketika mobil sedang terparkir, dia juga bertanya kepada temannya bagaimana cara mengendarai mobil.

"Waktu itu saya tanya temannnya, bagaimana ini mundur? Waktu itu mobil masih kopling belum matic. Pas tarik kopling (guncang), Pak Tatang bilang kamu terbang lepasnya halus, begitu sama, akhirnya bisa. Saya belajar nyupir setelah mahir terbang F-16," katanya.

 

Legacy Marsekal Pertama TNI Wastum di Akademi Angkatan Udara

Langkah Wastum sangat terkenal atau melegenda di kalangan taruna Akademi Angkatan Udara (AAU). 

Langkah tersebut diambil dari nama peraih Adhi Makayasa Angkatan Udara 1996 yang kini Komandan Komando Sektor III Koopsud III, Marsekal Pertama TNI Wastum. "Langkah Wastum melegenda di kalangan kami taruna AAU khususnya era 94-97," kata alumni AAU 1997 Kolonel Dudik Purwanto dalam Youtube Jenderal Andika Perkasa dikutip, Kamis (7/7/2022).  

Ketika itu seluruh taruna Akmil AAU harus bisa mencontoh langkah tegap Sersan Wastum. Langkah Wastum memiliki sikap taftaf.  "Waktu itu profil Sersan Wastum ini dijadikan contoh sebagai taruna memiliki sikap taftaf," ucap Dudik.  

Langkah Wastum dimaksud tangan harus lurus dan langkah kaki pertama harus bunyi. Langkah ini menjadi ketentuan bagi taruna Akmil AAU. Sementara itu, Marsma Wastum mengaku tidak pernah memperkenalkan langkah Wastum. Ketika masih taruna, dia hanya mengajar langkah tegap kepada adik kelas.  "Saya tidak pernah menyampaikan itu langkah Wastum dan itu juga ini langkah seperti ini saya contohkan. Saya keluar dari perwira, adik-adik kami mengajarkan begini langkah Wastum," ucap Wastum. Komandan Komando Sektor III Koopsud III, Marsekal Pertama TNI Wastum. 

Para taruna AAU, kata dia tidak tahu Wastum siapa. Namun saat Komandan Wing Taruna Anton Palaguna datang ke Skuadron 3, dia melihat namanya di baju dinas.  "Waktu itu adik saya angkatan 2000 datang ke Skuadron 3, ke tempat saya. Namanya Anton Palaguna, dia mengemborkan ini langkah Wastum. Lalu dia mohon maaf bang, kalau benar abang nama Wastum, izin saya sudah salah bang. Saya mengajarkan adik-adik saya langkah Wastum, kalau begini ganti nama langkah Bang Wastum," katanya. 

Editor : Faieq Hidayat
https://www.inews.id/news/nasional/cerita-peraih-adhi-makayasa-belajar-nyetir-mobil-setelah-mahir-terbangkan-pesawat-tempur/all

Related post

Top