Lebih Dekat Literasi Siswa: Pojok Tangga Pojok Baca

Lebih Dekat Literasi Siswa: Pojok Tangga Pojok Baca

Apr 01, 2023By admin SMATN

Kadang kehadiran dan pemanfaatan ruang  Perpustakaan sekolah bagi siswa, guru dan karyawan kurang greget. Untuk lebih meningkatkan minat berliterasi, maka pengelola Perpustakaan di SMA Taruna Nusantara Magelang ini berinisiatif dan berinovasi dengan memanfaatkan ruang pojok tangga ruang kelas sebagai ruang "POJOK BACA" perpustakaan kejujuran.

 

Awal Pojok Baca ini sebenarnya sudah lama dibuka dari siswa untuk siswa oleh siswa, artinya buku dihimpun dari siswa dibawah pengurus OSIS. Kemudian setelah beberapa tahun supaya pengelolaannya terpusat maka pojok baca ini dikelola oleh Perpustakaan Sekolah secara terintegrasi, dengan harapan koleksi dan sirkulasi buku bisa berganti setiap waktu dan lebih tertata sistem administrasinya.

Bedanya pojok baca tersebut adalah siswa bisa membaca atau meminjam dengan mencatat secara mandiri dengan tertib. Kemudian jika ada yang tidak mengembalikan siswa harus menggantikan buku yang sama dan menambah buku lain. Sedangkan yang mengecek atau mengontrol sirkulasi dari siswa seksi literasi dan petugas perpuatakaan setiap periode tertebtu (sebulan 2x).

 

Dengan Pojok Baca ini, siswa tidak harus ke perpustakaan pusat, tetapi jika ingin meningkatkan literasinya maka siswa tetapnharus ke perpustakaan pusat, setidaknya siswa dimudahkan dalam mencari referensi.

 

Harapan dengan inovasi pojok baca ini, minat literasi semakin meningkat, sehingga dikemudian hari banyak siswa yang bukan sekedar menjadi pembaca saja tetapi akan mengisi buku-buku dengan karyanya sendiri.

Semangat berliterasi semakin meningkat dan nyaman ruangannya dengan hadirnya tambahan mebeler kursi dan meja ditambah kata-kata bijak yang dipajang di dinding sumbangan dari Alumni siswa sma TN angkatan ke-8 pada tahun ini sebagai bentuk kepedulian terhadap almamaternya.

Mari sebarkan berliterasi dengan memperbanyak tempat tempat baca yang mudah di akses, walaupun perlu juga menambahkan perangkat multimedia perpustakaan (e-library) di dalam pojok baca.

 

https://www.kompasiana.com/kuncoropr0191/642645ec3788d41bb20e8e92/lebih-dekat-literasi-siswa-pojok-tangga-pojok-baca?page=all#sectionall

 

Related post

Top