Wakil Bakti Nusantara, Aditya Wibisono (TN 24)  & Dandim 1705/Paniai Letkol Inf Benny Wahyudi (TN5) meresmikan Asrama Yaro

Wakil Bakti Nusantara, Aditya Wibisono (TN 24) & Dandim 1705/Paniai Letkol Inf Benny Wahyudi (TN5) meresmikan Asrama Yaro

Aug 15, 2020By admin SMATN

Nabire – Anak-anak suku pedalaman Papua yang bersekolah di SD Negeri Muko Tanah Merah, Distrik Yaro, Nabire dapat tersenyum ceria ketika akhirnya asrama baru mereka telah selesai dibangun.

Kompleks asrama yang mencakup asrama putra dan putri, ruang makan dan dapur, serta kamar mandi ini merupakan hasil kolaborasi Yayasan Tunas Bakti Nusantara (Bakti Nusantara) dengan Bosch Indonesia dan AFC Life Science.

Keberadaan kompleks asrama baru yang turut didukung oleh Pemerintah Kabupaten Nabire dan Kodim 1705/Paniai diharapkan semakin memfasilitasi anak-anak pedalaman yang selama ini harus menempuh hampir 5 (lima) jam perjalanan hanya untuk bersekolah. Asrama lama yang diinisiasi oleh para guru, dirasa sudah saatnya ditingkatkan kelayakan serta kapasitasnya agar anak-anak tadi dapat semakin fokus dan bersemangat bersekolah.

(Asrama lama SD Negeri Muko Tanah Merah)

Kolaborasi Bakti Nusantara dengan Bosch Indonesia dan AFC Life Science merupakan salah satu implementasi visi pemerataan kualitas sumber daya manusia untuk kemajuan Indonesia. Selain pembangunan asrama, Bakti Nusantara dengan dukungan para sponsor dan donatur, juga mengadakan woodworking workshop (pelatihan kerajinan kayu) serta pembagian sembako bagi guru, masyarakat sekitar, dan tenaga honorer lain.

Bupati Nabire, Isaias Douw, di awal pembangunan asrama mengatakan, “Kegiatan Bakti Nusantara selaras dengan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Nabire, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, berilmu, berbudaya, dan berdaya saing.

Dengan asrama yang layak dan memadai, serta kebutuhan pokok yang terus terpenuhi, anak-anak dapat belajar secara optimal sehingga kelak tumbuh menjadi manusia berdaya, sehingga mampu ikut andil memajukan Papua, khususnya Nabire.”

(Asrama baru hasil kolaborasi Yayasan Bakti Nusantara dengan Bosch Indonesia dan AFC Life Science)

Kompleks asrama Yaro diresmikan pada hari ini (15/8) oleh Bupati Nabire diwakili Sekda, Daniel Maipon, SSTP, didampingi Dandim 1705/Paniai, Letkol Inf Benny Wahyudi dan Kapolres Nabire AKBP Sonny Nugroho, S.IK.

Asrama ini terdiri dari 5 bangunan utama. Bangunan pertama adalah asrama putra yang dibangun bersama Bosch Indonesia dengan nama Honai Chista yang diambil dari nama seorang dewi pengetahuan Persia.

Adapun tiga bangunan lain, yakni asrama putri, ruang makan dan dapur, serta kamar mandi yang merupakan hasil kolaborasi dengan AFC Life Science yang diberi nama Helen Ariany Center.

Melengkapi asrama ini, terdapat meja dan kursi belajar, kasur, bantal, guling, hingga kitchen set serta meja dan kursi makan. Selain pembangunan asrama beserta isi kelengkapannya, anak-anak SDN Muko juga mendapatkan bantuan biaya hidup dari selama 5 (lima) tahun dari Bosch Indonesia sebagai upaya lain membantu kelancaran proses pendidikan mereka.

Agusthina Taihuttu: Inspirasi dan Pahlawan Pendidikan Bagi Anak Papua

(Agusthina Taihuttu (tengah) bersama para guru SD Negeri Muko Tanah Merah)

Sebelum adanya asrama baru, anak-anak pedalaman Papua yang bersekolah di SD Negeri Muko Tanah Merah tinggal di asrama darurat yang merupakan dapur rumah kepala sekolah, Agusthina Taihuttu. Beliau adalah pahlawan yang sudah mendidik dan mengasuh anak-anak karena tanpa adanya asrama darurat tadi, anak-anak harus menembus hutan selama berjam-jam hanya untuk bersekolah.

Agusthina pun secara pribadi membiayai kebutuhan sehari-hari anak didiknya selama bersekolah. Untuk mendapatkan tambahan biaya, Agusthina bersama anak-anak kemudian menanam singkong dan mencari batu di sungai untuk dijual.

Agusthina berjuang dengan ikhlas dan tangguh karena anak-anak pedalaman Papua tadi adalah generasi pertama keluarga yang mengenyam pendidikan formal, bahkan sebagian besar mereka tidak dapat berbahasa Indonesia ketika pertama kali sekolah.

Jika tidak mendapatkan pendidikan formal, anak-anak ini tidak akan bisa melepaskan dirinya dari kemiskinan struktural serta memperbaiki kondisi keluarga. Fakta inilah yang membuat Agusthina memantapkan hati, tetap bertahan di SD Negeri Muko Tanah Merah selama bertahun-tahun untuk memberikan pendidikan yang layak bagi mereka.

“Kami sangat senang dan terharu dengan bantuan yang digalang oleh Bakti Nusantara. Saya tidak pernah menyangka sebelumnya bahwa niat saya mendidik dan mengasuh anak-anak Papua ternyata mampu menggerakkan hati orang- orang yang sangat jauh dari saya. Semoga asrama ini bisa menjadi penyemangat anak-anak untuk menggapai cita- cita lebih besar lagi. Saya percaya anak-anak ini bisa memajukan Papua nantinya dan membuat Indonesia bangga,” ujar Agusthina Taihuttu, Kepala SD Negeri Muko Tanah Merah.

Bakti Nusantara Dukung Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat di Daerah 3T Indonesia

“Sejak tahun 2016 Bakti Nusantara dilaksanakan, kami berangkat dari cerita masyarakat di wilayah yang kami bantu. Ceritanya memiliki narasi yang sama, seseorang atau kelompok berjuang dengan penuh keikhlasan untuk membangun wilayahnya, meskipun terbentur keterbatasan. Cerita inilah yang menggerakkan Bakti Nusantara mengajak banyak pihak lain untuk bersama-sama membantu, mendobrak keterbatasan akses pendidikan maupun kesehatan, agar setiap rakyat Indonesia dapat merasakan kesejahteraan di manapun mereka berada,” kata Assed Lussak, Direktur Eksekutif Yayasan Tunas Bakti Nusantara.

Bakti Nusantara sendiri adalah gerakan yang dilandasi oleh semangat kepedulian, kemanusiaan, persaudaraan, dan gotong royong untuk mendorong pembangunan di wilayah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) Indonesia.

Diprakarsai oleh Yayasan Tunas Bakti Nusantara dan diinisiasi oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara, Bakti Nusantara selalu bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah, TNI, Polri, PGRI, serta berbagai sponsor dan donatur. Bakti Nusantara memiliki 3 (tiga) misi utama, yaitu kesejahteraan (Bangun Nusantara), kesehatan (Sehat Nusantara), dan pendidikan (Inspirasi Nusantara).

Kegiatan ini telah 5 (lima) kali dilaksanakan, secara berturut-turut: Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (2016); Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (2017), Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang, Banten (2018); Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (2019); serta Kabupaten Nabire, Papua (2020).

Dandim 1705/Paniai, Letkol Inf. Benny Wahyudi, pada saat peresmian asrama mengapresiasi bantuan yang datang dari berbagai penjuru Indonesia.

“Aktivitas seperti ini merupakan wujud nyata gotong royong dan persaudaraan seluruh masyarakat. Bantuan dan dukungan datang dari lokasi yang berbeda, masyarakat yang berbeda, stakeholders serta orang-orang baik yang berbeda. Satu hal yang sama, semangat gotong royong membangun dan memajukan daerah dalam bingkai ke-Indonesia-an. Keberadaan asrama, juga dukungan operasional lain, menjadikan anak-anak kita, generasi penerus Nabire, mempunyai bekal untuk meningkatkan kapasitas dirinya, serta nantinya, kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” pungkas Dandim.

Tentang Bakti Nusantara

Bakti Nusantara adalah gerakan yang dilandasi oleh semangat kepedulian, kemanusiaan, persaudaraan, dan gotong royong, untuk mendorong pembangunan di wilayah tertinggal, terluar, dan terdepan Indonesia. Kegiatan ini diprakarsai oleh Yayasan Tunas Bakti Nusantara dengan inisiasi Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara). Bakti Nusantara memiliki 3 (tiga) misi utama yaitu kesejahteraan (Bangun Nusantara), kesehatan (Sehat Nusantara), dan pendidikan (Inspirasi Nusantara). Bakti Nusantara pun menyinergikan berbagai potensi anak bangsa untuk bersatu aktif membangun Indonesia, bekerja sama dengan berbagai instansi, baik sipil maupun militer, di tingkat daerah dan nasional.

Diselenggarakan oleh Yayasan Tunas Bakti Nusantara, kegiatan ini pertama kali dilaksanakan di Desa Aik Mual, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada 2016. Selanjutnya pada 2017, Provinsi Nusa Tenggara Timur terpilih sebagai lokasi sasaran. Desa Sekon, sebagai fokus, merupakan sebuah desa kecil di wilayah Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara. Adapun pada 2018, Bakti Nusantara memilih Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang di Provinsi Banten sebagai lokasi kegiatan.

Memasuki tahun keempat penyelenggaraan, pada 2019, Desa Segeram di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Bakti Nusantara ingin mendukung pemerataan dan pembangunan manusia unggul di salah satu wilayah terluar Indonesia, sekaligus menguatkan penanda kedaulatan negara. Bakti Nusantara memilih Kabupaten Nabire di Provinsi Papua sebagai lokasi untuk kegiatan pada 2020.

[Nabire.Net] https://www.nabire.net/tunas-bakti-nusantara-bersama-sekda-nabire-dandim-1705-paniai-resmikan-asrama-yaro-untuk-masa-depan-anak-anak-papua/

Related post

Top