Ulang Tahun Bapak Tono Suratman yang ke-70

Ulang Tahun Bapak Tono Suratman yang ke-70

Sep 16, 2022By admin SMATN

Mayor Jenderal TNI (Purn.) Tono Suratman, S.IP. adalah kepala sekolah yang ke-13 bagi SMA Taruna Nusantara, yang memimpin SMA Taruna Nusantara mulai bulan Desember 2019.

Hari ini Jumat 16 September 2022, Pak Tono, demikian beliau biasa dipanggil, berulang tahun yang ke-70. Ini sekaligus menjadi rekor Kepala SMA Taruna Nusantara tertua dalam sejarah SMA TN. Rata-rata usia Kepala Sekolah sebelumnya adalah 56 - 65 tahun.

Meskipun beliau menjadi kepala sekolah tertua, tetapi kondisi fisik, pikiran dan semangatnya tidak kalah dengan yang muda. Semua Pamong (pendidik) dan Siswa di SMA TN mengenal beliau sebagai orang yang sangat energik, kreatif dan bersemangat, terutama dalam memimpin SMA TN.

Mungkin karena sebelumnya beliau pernah menjadi Ketua Umum KONI Pusat, Pangdam Mulawarman dan juga mantan anggota Kopassus TNI, serta juga mantan atlet nasional cabang anggar, sehingga kebugarannya selalu terjaga dengan baik dan menginspirasi seluruh Siswa dan Pamong SMA TN.

Menurut penuturan banyak Pamong, khususnya Pamong senior, beliau ini merupakan Kepala SMA TN yang paling banyak "memberi". Banyak memberi perhatian kepada mutu sekolah, mutu proses pengajaran, pelatihan dan pengasuhan, mutu lulusan, hingga kepada kesejahteraan Pamong, dan juga banyak melakukan perbaikan infrastruktur (sarana prasarana sekolah yang usianya sudah 33 tahun).

Keluarga Besar SMA tentu ingin merayakan hari ulang tahun yang ke-70 secara maksimal dan meriah. Tetapi Pak Tono melarangnya. Bahkan mengingatkan jangan ada "prank". Beliau tidak ingin ada perayaan apapun. Beliau ingin semuanya berjalan seperti biasanya dan layaknya Pamong dan Siswa yang dirayakan dengan syukuran sederhana bersamaan dengan makan siang Siswa SMA TN. 

Perayaan ulang tahun beliau akhirnya dilaksanakan bersama dengan Pamong dan Siswa-siswa yang berulang tahun di bulan September.

Related post

Top