Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara

Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara

May 24, 2023By admin SMATN

Hari ini, Selasa tanggal 23 Mei 2023, di Kampus SMA Taruna Nusantara digelar kegiatan "Sosialisasi Skrining dan Deteksi Dini Kanker Payudara". Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara IKKP SMA Taruna Nusantara dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI). 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pencegahan deteksi dini kanker payudara kepada seluruh siswa puteri SMA Taruna Nusantara beserta para pendidikan dan masyarakat luas, baik secara daring maupun tatap muka.

Acara sosialisasi ini dimulai dengan sambutan dari Kepala SMA Taruna Nusantara, Mayjen TNI Purn. Tono Suratman dan Ketua YKPI, Ibu Linda Agum Gumelar. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan tampilan dr. Agus Sutarman, Sp.B.SUBSP.ONK(K) sebagai penceramah yang sangat ahli di bidang kanker payudara.

Dalam pemaparan materinya, dr. Agus menjelaskan betapa pentingnya skrining dan deteksi dini kanker payudara bagi kesehatan dan keselamatan para wanita. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang masih menakutkan di dunia dan menjadi momok bagi para wanita. Namun, jika kanker payudara dideteksi sejak dini, maka peluang kesembuhan bisa mencapai 90%.

Setelah sesi pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para ahli yang memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti terkait kanker payudara.

Tak hanya itu, acara sosialisasi ini juga dilengkapi dengan berbagai tontonan singkat yang menarik tentang penanganan kanker payudara. Di sela-sela acara, para siswi SMA Taruna Nusantara juga diberikan kesempatan untuk melakukan skrining dan deteksi dini kanker payudara.

Dalam kegiatan ini, YKPI juga menghadirkan para penyintas kanker payudara untuk berbagi pengalaman dengan para peserta sosialisasi. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk menghubungi YKPI dan mendapatkan konsultasi secara gratis mengenai kondisi kesehatan payudara mereka.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan pemahaman para siswi SMA Taruna Nusantara dan masyarakat luas terkait pentingnya skrining dan deteksi dini kanker payudara. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan bisa memperluas wawasan dan meningkatkan kualitas hidup para peserta. Sebagai upaya dalam mengurangi angka kematian akibat kanker payudara di Indonesia. 

Di sela-sela acara Ibu Linda Agum Gumelar berkesempatan untuk mengunjungi ruang podcast Nine SMA Taruna Nusantara dan menjadi bintang tamu acara BUKADASI bersama host dua siswa SMA TN.

Related post

Top