Rafi Naufal Afriansyah dan Adira Rizky Nugroho (TN 26) dilantik Presiden RI Joko Widodo

Rafi Naufal Afriansyah dan Adira Rizky Nugroho (TN 26) dilantik Presiden RI Joko Widodo

Jul 14, 2022By admin SMATN

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah perwira TNI hingga Polri di Istana hari ini. Upacara digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Upacara pelantikan perwira TNI-Polri ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (14/5/2022). Upacara ini diikuti seluruh lulusan Akmil, AAU, AAL, Akpol. Acara dimulai dengan dikumandangkannya lagu 'Indonesia Raya'.

Hadir dalam pelantikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Setelah itu dibacakan mengenai surat keputusan presiden terkait pengangkatan perwira TNI-Polri. Dalam surat keputusan presiden itu dibacakan penerima Adhi Makayasa dari keempat instansi tersebut, yakni:

1. Rafi Naufal Afriansyah sebagai Adhi Makayasa dari Akademi Militer
2. Elang Tri Esthi Fitrananda sebagai Adhi Makayasa Akademi Angkatan Laut
3. Jeremia Zophie Pramudya sebagai Adhi Makayasa Akademi Angkatan Udara
4. Adira Rizky Nugroho sebagai Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian

Setelah pembacaan surat keputusan presiden, pelantikan dilanjutkan dengan membaca sumpah dan jabatan yang dipimpin oleh Jokowi. Pengambilan sumpah dilakukan sesuai agama masing-masing.

"Demi Allah saya bersumpah/demi Tuhan saya berjanji/om atah parama sesha/ saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-sebaiknya terhadap bangsa Indonesia dan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UU Negara Republik Indonesia Tahun 1945," demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh perwira TNI-Polri.

"Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan membangun karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa dan raga untuk membela nusa dan bangsa," lanjut petikan sumpah perwira TNI-Polri.

(eva/idn)
https://news.detik.com/berita/d-6178328/dilantik-jokowi-ini-4-peraih-adhi-makayasa-2022-dari-tni-polri

Related post

Top