Putri Buruh Tani Diterima SMA TN Jalur Beasiswa

Putri Buruh Tani Diterima SMA TN Jalur Beasiswa

Apr 19, 2021By admin SMATN

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Lusiana Dewi (15), siswi kelas 9 SMP Negeri 1 Bukateja, Purbalingga berhasil lolos seleksi masuk sekolah favorit, SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang tahun pelajaran 2021/2022. ABG kelahiran 18 Oktober 2006 itu termasuk satu dari 10 siswa terbaik kelas 9 SMP di Provinsi Jateng. Gubernur Jateng menganugerahi beasiswa untuk bersekolah gratis di sekolah bergengsi ini.

“Saya bersyukur, senang dan bangga bisa diterima di SMA Taruna Nusantara. Saya haturkan terima kasih kepada orang tua, kakak, ibu Kepala SMPN 1 Bukateja beserta bapak ibu guru semua, dan semua pihak yang ikut menghantarkan saya diterima di SMA Taruna Nusantara,” tutur Lusiana Dewi ketika ditemui di SMPN 1 Bukateja, Sabtu sore (17/4/2021).

Didampingi Kepala SMPN 1 Bukateja Tjandra Irawati SPd dan urusan Kurikulum, Joko Arifin SPd, Lusi mengungkapkan, ia merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Ayahnya Gatot Sutrisno sehari-hari bekerja sebagai buruh tani. Ibunya, Istiyah sebagai ibu rumah tangga. Kakak Lusi, Jefriono bekerja sebagai buruh bangunan. Keluarga Lusi tinggal di Jalan Randu Alas RT 03 RW 09, Dukuh Gua Lele, Desa/Kecamatan Bukateja Purbalingga.

Tidak mudah bagi Lusi untuk meraih beasiswa di SMA TN. Lusi harus menjalani proses seleksi yang cukup lama dan ketat. Yakni sejak Januari hingga awal April 2021.

Hingga akhirnya, berdasarkan surat dari Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan – Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) yang mengelola SMA TN, bernomor B/1357/IV/2021, tertanggal Jakarta, 9 April 2021, perihal pemberitahuan hasil pemantauan akhir (Pantukhir), Lusiana Dewi dinyatakan diterima sebagai siswi SMA TN tahun pelajaran 2021/2022.

Awalnya, kisah Lusi, ia mengikuti seleksi administrasi dan seleksi akademik yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng. Tidak kurang dari 53 siswa SMP kelas 9 terbaik di Jateng yang lolos administrasi kemudian mengikuti tes akademik. Tes akademik tersebut menjaring 20 siswa terbaik sebagai kandidat penerima beasiswa Gubernur Jateng untuk melanjutkan studi di SMA TN.

Dari 20 siswa tersebut Lusi masuk rangking 10 besar. Oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, 20 siswa yang lolos seleksi akademik, didaftarkan ke LPTTN sebagai calon siswa (Casis) SMA TN. Selanjutnya di tingkat nasional ribuan casis yang berasal dari seluruh pelosok tanah air melakukan seleksi administrasi.

Untuk tahun ini tercatat sekitar 1600 casis yang lolos administrasi dan berhak mengikuti seleksi akademik. Sekitar 700 Casis yang lolos passing grade tes akademik memasuki tahap berikutnya. Yakni tes pemeriksaan kesehatan, tes psikologi, dan wawancara.

Untuk mewujudkan cita-citanya itu, Lusi gigih dalam belajar. Keterbatasan yang ada bukan kendala untuk mewujudkan cita-citanya itu. Bahkan, dalam suasana Pandemi Covid-19, Lusi selalu rutin mengikuti pembelajaran secara daring. Sesekali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, Lusi datang ke sekolah untuk berkonsultasi dengan guru-gurunya jika ada materi yang kurang dipahami.

“Saya mengikuti seluruh kegiatan seleksi casis SMA TN secara daring, kecuali pemeriksaan kesehatan,” ujar Lusi yang bercita-cita menjadi dosen Biologi ini.

Melalui tahapan yang cukup panjang tersebut akhirnya diperoleh 350 siswa yang dinyatakan lolos sebagai siswa SMA TN. Dan diantara 350 siswa tersebut, salah satunya adalah Lusiana Dewi, yang diterima melalui jalur beasiswa Gubernur Jawa Tengah.

Sejak duduk di SD Negeri 4 Bukateja, Lusi dikenal rajin belajar dan memiliki banyak prestasi. Berlanjut di SMPN 1 Bukateja, Lusi yang aktif di Pramuka dan OSIS ini, selalu mendapat peringkat pertama dan sering meraih prestasi membawa nama baik sekolahnya.

Kepala SMP Negeri 1 Bukateja, Tjandra Irawati S.Pd mengaku bangga dan bahagia atas prestasi yang diraih Lusi. Pasalnya, Lusi mampu memperoleh beasiswa Gubernur Jawa Tengah serta meneruskan tradisi alumni SMP Negeri 1 Bukateja yang diterima di SMA TN.

“Salah satu lulusan SMPN 1 Bukateja, Briantama Hascaryo Pamungkas diterima SMA TN pada tahun pelajaran 2012/2013 silam, juga melalui jalur beasiswa,” ujar Tjandra Irawati.

Briantama yang setelah lulus SMA TN melanjutkan ke Politeknik Keuangan Negara STAN, kini sudah bekerja di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon 2, Jawa-Barat.

“Kami selalu memfasilitasi dan memotivasi siswa yang akan melanjutkan ke SMA TN. Termasuk Lusi, untuk membantu proses seleksi secara online, sekolah berupaya memberi bimbingan dan memfasilitasi komputer dan jaringan internet sebaik-baiknya,” ujar Tjandra Irawati. (Rus)

https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/banyumas/putri-buruh-tani-diterima-sma-tn-jalur-beasiswa

Related post

Top