Pangdam VI/Mulawarman dan Kapolda Kaltim bangga melihat kesolidan para alumni Ikastara Balikpapan

Pangdam VI/Mulawarman dan Kapolda Kaltim bangga melihat kesolidan para alumni Ikastara Balikpapan

Feb 27, 2020By admin SMATN

PROKAL.CO, BALIKPAPAN- Bara Satu Bahasa yang dilepas dari kota Tarakan pada tanggal 2 Februari 2020, akhirnya sampai di Kota Balikpapan pada hari Minggu, 23 Februari 2020.

Kegiatan rangkaian estafet obor (torch relay) Bara Satu Nusantara ini diprakarsai oleh Gerakan Satu Nusantara. Obor “Bara Satu Bahasa” kemudian akan berkerliling ke seluruh Provinsi di bagian tengah Indonesia, untuk selanjutnya bergabung dengan Obor “Bara Satu Nusa” yang berkeliling di bagian timur Indonesia dan Obor “Bara Satu Bangsa” yang berkeliling di bagian barat Indonesia. 

Kedua obor persatuan yang lainnya, Obor “Bara Satu Nusa” dilepas dari Kota Jayapura di Papua , sedangkan “Bara Satu Bangsa” dilepas dari Kota Sabang di Aceh secara bersamaan pada 2 Februari 2020 yang lalu.

Ketiga obor persatuan tersebut dijadwalkan bertemu di Jakarta pada bulan Agustus 2020, menjelang HUT Kemerdekaan RI yang ke-75.

Ketua Umum Gerakan Satu Nusantara A. Renard Widarto menyampaikan bahwa Rangkaian Bara Satu Nusantara ini adalah sebuah rangkaian monumental yang mengajak seluruh generasi muda Indonesia untuk membarakan semangat persatuan dan kebangsaan. 

 

“Bara Satu Nusantara adalah sebuah ajakan inklusif bagi generasi muda di seluruh Indonesia untuk terus bersatu dan membarakan semangat kebangsaan dan kebhinekaan ” ungkap Renard. 

Kegiatan Pelepasan Bara Satu Bahasa ini dilaksanakan di saksikan Pangdam VI/Mulawarman Mayjend TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono. Mereka mengaku bangga melihat kesolidan para alumni Ikastara Balikpapan.

"Semoga Ikastara Balikpapan semakin solid dan maju. Untuk SMA TN semoga ke depan dapat meluluskan alumni-alumni yang mampu memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara dan dunia," ujar Pangdam.

Gerakan Satu Nusantara sendiri diinisiasi oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara bersama dengan beberapa Ikatan Alumni SMA lainnya di berbagai daerah di Indonesia.

Lewat kampanye #BedaSatukanKita, Gerakan ini berusaha memposisikan diri sebagai sebuah wadah yang inklusif yang dapat mengajak seluruh generasi muda dari berbagai macam latar belakang yang beragam untuk membangkitkan dan memperkuat semangat persatuan dan kebangsaan pada Generasi Muda Indonesia.

“Gerakan ini adalah sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara, dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75 dan HUT SMA Taruna Nusantara ke-30. Dengan mengajak Ikatan Alumni SMA lainnya, komunitas dan generasi muda secara luas di seluruh Indonesia, gerakan ini bertujuan untuk menggelorakan dan memperkuat kembali semangat persatuan dan kebangsaan” Ujar David Ratadhi, Ketua Umum Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA).(pro/one) https://news.prokal.co/read/news/5885-pangdam-vi-mulawarman-dan-kapolda-kaltim-lepas-bara-satu-bahasa-dari-balikpapan

Related post

Top