Letkol Inf Jerry Simatupang (TN 3) jabat Komandan Kodim 1701 Jayapura

Letkol Inf Jerry Simatupang (TN 3) jabat Komandan Kodim 1701 Jayapura

Sep 14, 2019By admin SMATN

Jayapura (ANTARA) - Letkol Inf Jerry HT Simatupang menjabat Komandan Kodim (Dandim) 1701/Jayapura menggantikan Letkol Inf Johanis Parinussa yang dipromosikan menjadi Waka Jasdam XVII/Cenderawasih.

Sebelumnya, Letkol Inf Jerry merupakan Waasops Kasdam XVII/Cenderawasih, lulusan Akmil 1998 dan pernah menjabat sebagai Dandim 1705/Paniai pada 2016.

Acara penyerahan dan penerimaan jabatan tersebut dilakukan di Aula Makorem 172/PWY di Padang Bulang, Kota Jayapura, Selasa pagi yang dipimpin oleh Danrem 172/PWY Kolonel Inf J Binsar P Sianipar.

"Jadi ini bukan acara serah terima jabatan, tetapi penyerahan dan penerimaan jabatan. Karena Kodim 1701/Jayapura berubah status dari tipe B menjadi tipe A, yang tadinya komandannya berpangkat Letkol menjadi Kolonel, dan dalam waktu dekat Dandim Jayapura baru akan naik pangkat," katanya.

Ia menjelaskan proses penyerahan dan penerimaan jabatan itu dilakukan dari Dandim yang lama, Letkol Inf Johanis Parinussa kepadanya, kemudian diserahkan kepada pejabat atau Dandim yang baru yakni Letkol Inf Jerry HT Simatupang.

"Jadi, dimulai dari tingkat komandan Kodim dulu, lalu akan diikuti dengan perubahan struktur di bawahnya, wakilnya nanti Letkol dan stafnya berpangkat Mayor, kira-kira maksimal sampai akhir tahun jabatan tersebut akan terisilah sesuai dengan organisasi yang baru," katanya.

Selain itu, kata Danrem, dalam acara tersebut dilakukan pelepasan pejabat Korem 172/PWY yang mendapat promosi ke berbagai jabatan atau tempat yang baru.

"Tadi, ada Letkol Inf Fence Donatus Marani dari Kasi Intel Korem 172/PWY menjadi Dandim Bintuni di Kodam XVIII/Kasuari, Papua Barat. Lalu ada, Kapenrem dari pejabat lama, Mayor Inf Romkeni kepada pejabat baru Mayor Chk Eka, ada juga Kasilog dan Kasrem 172/PWY yang dilepas," kata Danrem 172/PWY Kolonel Inf J Binsar P Sianipar.

Sementara itu, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Jerry HT Simatupang mengaku telah lama berdinas di Papua sehingga tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi pada jabatan dan lingkungan yang baru.

"Sebagai pejabat baru sudah pasti akan beradaptasi, hanya saja kali ini cukup istimewa dengan situasi saat ini di Kota Jayapura, saya bertugas di Papua hampir 15 tahun dan berbekal dengan pengalaman ini cepat menyesuaikan," katanya.

Ia menegaskan akan segera beradaptasi bukan saja kepada lingkungan yang baru dan suasana yang terbilang beda karena Kota Jayapura beberapa waktu lalu terjadi gelombang aksi protes tolak rasisme yang berujung anarkis.

"Harapannya segera bisa, juga termasuk dengan berubahnya status Kodim 1701/Jayapura dari tipe B ke tipe A. Saya juga dulu pernah jadi Dandim di Paniai, Kasbrig 20/IJK di Mimika dan Danyonif 754," kata mantan anggota Paspampres itu.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Anwar Maga
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Related post

0 komentar

  • No Comment

Tinggalkan komentar

Top