KRI Diponegoro yang dikomandani Letkol Laut (P) Lewis N Nainggolan (TN 4) dinobatkan sebagai KRI Teladan Tahun 2020

KRI Diponegoro yang dikomandani Letkol Laut (P) Lewis N Nainggolan (TN 4) dinobatkan sebagai KRI Teladan Tahun 2020

Jan 15, 2021By admin SMATN

KRI Diponegoro 365 Jadi KRI Teladan 2020

Jatim Newsroom - Predikat membanggakan sebagai KRI Teladan Tahun 2020 di jajaran TNI AL berhasil disandang oleh KRI Diponegoro-365. KRI dari unsur Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II itu mendapatkan penghargaan langsung dari Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono pada puncak acara HUT Ke-75 Armada RI Tahun 2020 di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung, Senin (7/12/2020).
 
KRI Diponegoro (DPN-365) yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Lewis N Nainggolan merupakan kapal pertama korvet kelas SIGMA milik TNI Angkatan Laut yang dibuat oleh galangan kapal Schelde, Belanda pada tahun 2005. Kapal perang ini mempunyai kemampuan peperangan anti-kapal permukaan, peperangan anti-kapal selam dan peperangan anti-pesawat udara.
 
Dalam penentuan penilaian terpilihnya kapal perang terbaik meliputi tiga aspek yaitu aspek Operasi, aspek Material, dan aspek Personel. Aspek Operasi meliputi bagaimana proses Penghentian, pemeriksaan dan penahanan (Henrikhan), efisiensi operasi (Eops), serta jam layar.
 
Sementara aspek Material menyangkut kesiapan teknis KRI dalam menjalankan operasi, sedangkan aspek Personel berkaitan dengan kesiapan, keterampilan serta profesionalisme prajurit dalam menjalankan tugas kedinasan dalam pengawakan KRI. Selain itu, terdapat pula penilaian atas masalah kebersihan maupun kerapian KRI dan pemeliharaan serta perawatan KRI juga menjadi bagian dari penilaian.
 
Pangkoarmada II, Laksda TNI I N.G Sudihartawan mengapresiasi  prestasi tersebut dengan ungkapan rasa bangga. “Semoga predikat Teladan mampu memberi inspirasi bagi KRI lainnya di Koarmada II, untuk meraih prestasi serupa. Tidak hanya KRI, namun juga Lanal dan Lantamal jajaran Koarmada II,“ ujar Laksda Sudihartawan.
 
Penghargaan lain juga diberikan kepada Lantamal I Belawan Koarmada I sebagai Lantamal Teladan. Berikutnya Lanal Teladan Tipe B diberikan kepada Lanal Ternate Lantamal XIV Sorong, Koarmada III. Selanjutnya Lanal Teladan Tipe C diraih oleh Lanal Tanjung Balai Karimun, Lantamal IV Tanjung Pinang Koarmada I. Dua predikat Teladan lainnya diraih Lanudal Manado Lantamal VIII Manado Koarmada II sebagai Lanudal Teladan, dan Batalyon Taifib 2 Marinir sebagai Batalyon Teladan. (afr/s)
 
http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/kri-diponegoro-365-jadi-kri-teladan-2020

Related post

Top