KPU Kab Tuban menetapkan Aditya Halindra Faridzky (TN 18) sebagai bupati terpilih hasil pilkada 2020

KPU Kab Tuban menetapkan Aditya Halindra Faridzky (TN 18) sebagai bupati terpilih hasil pilkada 2020

Feb 03, 2021By admin SMATN

KPU Tuban Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Hasil Pilkada 2020

Tuban, Jurnal Jatim – KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Tuban, Jawa Timur menetapkan bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada 2020 dalam rapat pleno terbuka di Grand Javanilla, Tuban, pada Jumat, (22/1/2021).

Pasangan calon (Paslon) Aditya Halindra Faridzky – Riyadi (Lindra-Riyadi) ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih dalam pesta demokrasi 9 Desember 2020 lalu.

Rapat pleno penetapan paslon terpilih digelar dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Dihadiri Lindra-Riyadi, partai pengusung, Forpimda, Bawaslu dan pihak terkait lainnya.

Penetapan paslon Lindra-Riyadi dilakukan setelah dipastikan tidak ada sengketa atau tidak tercatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK).

“Tahapan selanjutnya pengusulan pengesahan dan pelantikan,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fathul Ikhsan yang memimpin rapat pleno.

Fathul menegaskan, penetapan paslon terpilih ini setelah dipastikan tidak ada gugatan atau tidak tercatat dalam BRPK dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Kemudian, KPU Tuban menerima surat resmi dari KPU RI agar palson terpilih untuk segera ditetapkan karena tidak ada sengketa.

“Tuban tidak masuk dalam daerah kena gugatan. Lalu sesuai ketentuan, maka paling lama lima hari KPU Tuban harus menetapkan paslon terpilih, dan hari ini kita tetapkan,” katanya.

Setelah ini, KPU Tuban akan menyampaikan surat pengusulan pengangkatan pasangan calon terpilih Lindra-Riyadi kepada DPRD Tuban lalu diteruskan kepada Mendagri melalui Gubernur Jatim untuk pelantikan.

“Gubernur nanti yang melantik,” tegas Ketua KPU Tuban Fathul Amin.

Sementara itu, Bupati Tuban terpilih, Lindra mengaku bersyukur karena proses Pilkada serentak 2020 berjalan lancar tanpa adanya gugatan. Termasuk, proses penetapan juga berjalan tertib dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Alhamdulillah kita sudah resmi di tetapkan oleh KPU Tuban,” tegas putra mahkota mantan Bupati Tuban dua periode Haeny Relawati Rini Widyastuti itu.

Diketahui, berdasar hasil rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kabupaten, paslon nomor urut 2 Aditya Halindra Faridzky – Riyadi meraih suara 423.236 pemilih.

Paslon itu unggul di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Kemudian, paslon nomor urut 01 Khozanah Hidayati – H. Muhammad Anwar yang diusung PKB meraih suara 170.955 pemilih.

Paslon nomor 3 Setiajit-RM Armaya Mangkunegara (Setia-Negara) hanya meraih suara 110.998 pemilih. Meraka diusung PDI-P, Gerindra, PAN, PPP, dan PBB.

Untuk jumlah suara sah tercatat 705.189 pemilih, suara tidak sah 15.900 pemilih. Sehingga total suara 721.089 pemilih dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tuban sebanyak 944.021 pemilih.

Reporter: Abdul Rohman-Daerah
Editor: Hafid
https://jurnaljatim.com/2021/01/kpu-tuban-tetapkan-bupati-dan-wakil-bupati-terpilih-hasil-pilkada-2020

Related post

Top