Komandan Skadron Udara 12 Letkol Pnb Fardinal Umar (TN 7) pimpin Operasi patroli udara alur Samudra

Komandan Skadron Udara 12 Letkol Pnb Fardinal Umar (TN 7) pimpin Operasi patroli udara alur Samudra

Oct 09, 2020By admin SMATN

Amankan Udara dan Laut Indonesia, Pesawat Tempur AU Patroli di ALKI I

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Dua unit pesawat tempur jenis Hawk 100/200 dengan nomor ekor TT-0204 dan TL 0102 dari Skadron Lanud Roesmin Noerjadin Pekanbaru, melaksanakan operasi alur Samudra 2020 di langit Tanjungpinang, Rabu (30/9/2020).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb Andi Wijanarko mengatakan, Operasi patroli udara alur Samudra itu dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 12 Letkol Pnb Fardinal Umar.

Operasi bertujuan, dalam rangka pengamanan wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I) termasuk wilayah Kepulauan Riau yang diselenggarakan selama satu pekan sejak 23 September hingga 30 September 2020.

“Kita di pangkalan RHF, memberi dukungan dengan menyiapkan Crash Team, Ground Team, Dukungan Logistik dan Fuel, Tim Pertahanan Pangkalan serta Tim Force Down yang selalu siap sewaktu-waktu terdapat situasi kritis,” Andi.

Selain pesawat tempur juga terdapat satu unit Helikopter Super Puma dengan nomor ekor H-3217 dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja Bogor, dan satu regu Paskhas dari Batalyon 462 Lanud Roesmin Nurjadin.

Andi menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam menjaga dan mengamankan wilayah udara dan laut Indonesia khususnya ALKI I dari segala bentuk pelanggaran.

“Operasi ini rutin dilaksanakan oleh TNI AU dengan waktu yang fleksibel untuk memonitor dan mengamankan wilayah udara serta laut Indonesia dari berbagai bentuk pelanggaran,”ujarnya.

Jika ditemukan pelanggaran oleh pesawat asing lanjutjya, akan langsung diambil tindakan berupa intercept untuk pengusiran maupun force down, melalui koordinasi dengan TNI Angkatan Laut dalam pengambilan tindakan.

TNI AU tegasnya, akan selalu mendukung dan bersiaga dalam mengamankan wilayah NKRI meskipun dalam kondisi penanganan wabah Covid-19 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan secara ketat.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari Komandan Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin kepada Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah.

Penulis: Roland https://presmedia.id/berita-18205/amankan-udara-dan-laut-indonesia-pesawat-tempur-au-patroli-di-alki-i.html

Related post

Top