Kodiklatal Terima Kunjungan Siswa SMA Taruna Nusantara Angkatan Ke-31

Kodiklatal Terima Kunjungan Siswa SMA Taruna Nusantara Angkatan Ke-31

Jun 23, 2022By admin SMATN

Surabaya, PW: Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mendapat kehormatan sebagai salah satu komando utama yang dituju oleh siswa kelas XII SMA Taruna Nusantara Angkatan  Ke-31, dalam kegiatan kunjungan atau karya wisata mereka ke jajaran TNI AL  di wilayah Surabaya, Selasa (21/6/2022).

Sebanyak 378  siswa –siswi kelas XII SMA Taruna Nusantara , beserta 52 orang pamong atau pendamping diterima langsung Komandan Kodiklatal  Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono di Gedung Mulyadi, Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Turut hadir dalam kunjungan tersebut yakni Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, pejabat utama Kodiklatal, para Direktur Kodiklatal, kemudian Kepala Sekolah SMA Taruna Nusantara, Mayjen TNI (Pur) Valentinus Suhartono Suratman, Wakil Kepsek Bidang Administrasi Mayjen TNI (Purn) Nanang Djuana Priadi, dan Wakil Kepsek Bidang Kesiswaan Mayjen TNI (Purn) Asrobudi.

Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan melalui pendekatan perjalanan edukatif di lembaga pendidikan militer Kodiklatal, juga mengenal langsung  TNI Angkatan Laut. Sehingga diharapkan akan lahir  generasi penerus  TNI AL dari Siswa SMA Taruna Nusantara  yang berdaya juang tinggi.

Setelah disambut penampilan  Brassband Siswa Kodiklatal, dan menyaksikan profil Kodiklatal seluruh siswa kelas XII SMA Taruna Nusantara mendapat ceramah pembekalan dari Dankodiklatal. Adapun dalam kesempatan tersebut Dankodiklatal menyampaikan secara umum tentang TNI AL dan kemaritiman, diantaranyatujuh (7) pilar Kebijakan Kelautan Indonesia,  tugas pokok TNI AL melaksanakan  pertahanan di laut, menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah laut yurisdiksi nasional, juga melakasanakan tugas diplomasi TNI AL dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri Indonesia, melaksanakan tugas TNI untuk pembangunan dan pengembangan matra laut, serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Tidak ketinggalan orang nomor satu di jajaran Kodiklatal ini juga memberikan penjelasan tentang eksistensi Kodiklatal , sebagai salah satu lembaga pendidikan TNI AL yang kini telah mengalami perkembangan signifikan dengan hadirnya tiga satuan pendidikan di luar Surabaya, sebagai upaya pemimpin TNI AL untuk mempercepat pemenuhan organisasi.

Setelah menyimak ceramah pembekalan,  Dankodiklatal pun mempersilakan siswa untuk mengajukan pertanyaan yang langsung disambut secara antusias. Untuk menambah antusias sekaligus membangkitkan motivasi  siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di TNI AL, di penghujung kegiatan sebelum beranjak pulang seluruh siswa disuguhi sejumlah aksi demo para siswa Dikmaba dan Dikmata Kodiklatal. Yakni demo Kolone Senapan, penanganan perampasan oleh Tim K-9 Pusdikpomal, dan beladiri Karate.

https://peloporwiratama.co.id/2022/06/kodiklatal-terima-kunjungan-siswa-sma-taruna-nusantara-angkatan-ke-31

Related post

Top