Iptu Dicky Pranata (TN 17), Kasat Lantas Polres Bogor, Anak Desa yang Jadi Ajudan Ibu Negara

Iptu Dicky Pranata (TN 17), Kasat Lantas Polres Bogor, Anak Desa yang Jadi Ajudan Ibu Negara

Feb 01, 2021By admin SMATN

Bogordaily.net – Kisah Inspiratif Kasatlantas Polres Bogor, IPTU Dicky Pranata yang terlahir dari keluarga biasa-biasa saja, dari desa mencoba masuk Akpol, hingga sempat menjadi Ajudan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tentulah banyak menginspirasi kita semua.

Laki-laki yang memiliki tekad kuat itu dilahirkan di Binjai pada 11 November 1991 oleh seorang ibu rumah tangga yang suaminya merupakan seorang sopir.

 
 

Namun, seperti pepatah mengatakan ‘Barang siapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan berhasil’ pun akhirnya menghampiri Dicky Pranata untuk merubah nasib, menjadi seorang Polisi, hingga saat ini diberikan amanah sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor.

Dorongan dan semangat tinggi untuk melangkahkan kaki masuk Akpol ia pupuk sedari SMA di Magelang. Sejak dari situ, ia memberanikan diri untuk pergi merantau dari tempat kelahirannya, Binjai, Kota Medan.

“Saya mencoba peruntungan sekolah Boarding School atau asrama di Magelang. SMA Taruna Nusantara pada tahun 2006 karena saat itu, saya punya mimpi untuk bisa merubah nasib keluarga,” tuturnya.

Mimpi itu terus ia perjuangkan dari sejak SMA, hingga merelakan diri berjauhan dengan kedua orangtuanya.

“Saat itu pula saya jauh dari orangtua. Namun saya yakin , karena ayah saya orang Padang dan ibu saya Jawa, saya yakin jiwa perantau orang Padang bisa melekat kepada saya, pun etos keuletan kerja orang Jawa bisa saya perjuangkan,” terangnya.

Setelah selesai sekolahnya pada tahun 2009, ia mencoba mendaftarkan diri masuk Akademi Kepolisian, namun pertunangan pertama ia belum mendapatkan hasil yang diinginkan.

“Ya mungkin saat itu belum diberikan jalannya. Setelah tidak diterima, sambil menunggu perekrutan selanjutnya, saya dengan teman sejawat berwirausaha selama satu tahun. Menginjak tahun 2010, saya coba kembali dan alhamdulillah diterima menjadi seorang Taruna Polisi,” jelasnya.

Selanjutnya, ia menyingkat, pada tahun 2010 hingga 2013 dirinya menjalankan pendidikan Kepolisian dan ditempatkan di Bali untuk bertugas disana. Mulai dari situ, karir-karirnya terbuka dengan tekad dan usaha yang ia jalani.

Setelah menjalankan tugas di Bali, ia dipercaya untuk menjadi ajudan atau pengawal pribadi pejabat tinggi negara. Tak tanggung-tanggung, Dicky pun diberikan kepercayaan untuk menjadi ajudan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

“Biarlah nasib membawa seiring semangat yang menggebu. Allah berikan kesempatan untuk menjadi ajudan Ibu Negara dari tahun 2015 sampai 2017,” papar Dicky, sang pemilik kisah inspiratif.

Tidak sampai disitu, setelah selesai menjadi ajudan Ibu Negera, masuk ke Polres Bogor, dirinya dipercayai menjadi Kanit Regident Polres Bogor dan kemudian pada November 2020 lalu, IPTU Dicky Pranata diamanahi menjadi Kasat Lantas Polres Bogor.

“Ya, Alhamdulillah. Pada dasarnya semua pekerjaan saya nikmati karena inilah pengabdian yang sesungguhnya. Menikmati menjadi pelayan dan pelindung masyarakat. Terus tetap semangat dan jangan lupa berdoa untuk kebaikan hidup kita kedepan. Aamiin,” tutupnya.***

https://bogordaily.net/2021/01/kisah-inspiratif-kasat-lantas-polres-bogor-anak-desa-yang-jadi-ajudan-ibu-negara/

Related post

Top