Gempita Kirab Budaya Nusantara di Kota Magelang

Gempita Kirab Budaya Nusantara di Kota Magelang

Nov 08, 2022By admin SMATN

 

MERIAH. Sebanyak 23 kontingen budaya ditampilkan dalam acara puncak Kirab Budaya Nusantara di Jalan A Yani Alun-alun Timur Kota Magelang, Minggu 6 November 2022.(foto : huni wejang/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Ribuan masyarakat memadati Alun-alun Kota Magelang untuk menyaksikan Kirab Budaya Nusantara yang digelar SMA Taruna Nusantara (TN) pada Minggu, 6 November 2022. Kirab budaya ini sekaligus menutup serangkaian acara Pameran Seni dan Budaya Nusantara (Pandatara) 2022 yang berlangsung sejak Kamis, 3 November 2022 lalu.

Kirab Budaya Nusantara untuk kali pertama digelar di Kota Magelang setalah 3 tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

Acara yang dimulai pukul 09.00 tersebut dihadiri oleh Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz, beserta Forum Pimpinan Daerah, pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Magelang, dan lainnya.

Turut hadir pula Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko dan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, serta tokoh publik lainnya.

Kepala SMA Taruna Nusantara, Mayor Jenderal TNI (Purn) Tono Suratman mengatakan, Kirab Budaya Nusantara digelar dalam rangka memberi kontribusi sekaligus dukungan Indonesia sebagai Presedensi Group of 20 (G20) untuk bangkit dan pulih lebih cepat pascapandemi.

Selain itu, event ini juga diharapkan mampu memberikan hiburan khusus kepada warga Magelang.

"Melalui Kirab Busaya Nusantara, selain bisa menghibur warga Magelang dan wisatawan yang menonton, diharapkan roda ekonomi dan pariwisata di Magelang dan sekitarnya sedikit banyak bisa bergerak. Dengan begitu, kita bisa menikmati suasana dengan penuh kegembiraan dan suka cita,” ujarnya.

Dia mengajak, masyarakat untuk semakin memahami betapa luasnya Indonesia, betapa beragamnya Indonesia, betapa indahnya Indonesia, dan betapa membanggakannya negeri Indonesia.

Selaras dengan hal tersebut, Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz menyampaikan rasa terima kasihnya kepada segenap panitia dan berharap agar acara kirab budaya dapat digelar setiap tahun.

"Saya merasa bangga dan mengucapkan terima kasih karena 32 tahun sejak berdirinya SMA TN, baru kali ini hadir dan menyapa Kota Magelang," tutur Aziz.

Pada event itu, masyarakat Kota Magelang dan luar daerah disuguhkan dengan penampilan 23 kontingen budaya siswa-siswi SMA TN. Uniknya, tiap-tiap kontingen mengenakan pakaian khas, kesenian, dan budaya dari masing-masing daerah se-Indonesia.

Mereka mempertunjukkan penampilan atraktif di sepanjang Jalan A Yani Alun-alun Timur hingga Pecinan, Jalan Pemuda.

Selain kemeriahan dari 23 kontingen budaya, acara tersebut juga mendapat dukungan dari Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Jogjakarta dengan menampilkan drumband Gita Dirgantara sebagai kontingen pembuka. Hal ini sekaligus menjadi event perdana di Kota Magelang. (mg3)

Reporter: Huni Wejang|Editor: Wiwit Arif
https://magelangekspres.disway.id/read/648912/gempita-kirab-budaya-nusantara-di-kota-magelang

Related post

Top