Di Hadapan Siswa Taruna Nusantara, Gubernur Ganjar Tekankan Pentingnya Pancasila

Di Hadapan Siswa Taruna Nusantara, Gubernur Ganjar Tekankan Pentingnya Pancasila

Jun 22, 2022By admin SMATN

Semarang, Beritasatu.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menekankan pentingnya Pancasila kepada siswa Taruna Nusantara. Hal ini disampaikan Ganjar di hadapan ratusan siswa Taruna Nusantara di gedung Gradhika Bhakti Praja, Senin (20/6/2022). Mereka sengaja datang untuk bersilaturahmi dengan orang nomor satu di Jateng tersebut.

“Tadi masuk saya menyapa siswa dari Puncak Jaya, ternyata banyak dari Papua. Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat ada?,” kata Ganjar membuka kegiatan.

Pertemuan dengan siswa Taruna Nusantara bukan kali pertama bagi Ganjar. Biasanya, Ganjar dengan program gubernur mengajar, datang langsung ke kampus Taruna Nusantara di Magelang. Kali ini, para siswa yang menyambangi Ganjar di kantornya.Ganjar menyampaikan materi tentang tantangan-tantangan yang dihadapi para siswa di masa depan. Ganjar mengatakan, para siswa akan bertanggungjawab pada kondisi Indonesia pada 2045.

“Ketahanan dan kedaulatan pangan, teknologi informasi dan digitalisasi yang terus berkembang di mana pandemi kemarin sudah menguji kita. Jalannya itu panjang dan nggak mudah,” ujar Ganjar.

Pekerjaan rumah tersebut, menurut Ganjar, harus dihadapi generasi para siswa TN dengan berbagai tantangan. Ganjar menegaskan jalan menuju tujuan yang bagus itdak akan mudah.

“Ingat tujuanmu tidak tercapai kalau kemudian kamu diganggu. Gangguannya apa itu, ada nilai-nilai ideologi yang tidak sesuai dengan Pancasila hati-hati,” ujarnya.

Untuk itu Ganjar berpesan tak hanya pada siswa saja. Guru juga mempunyai peran penting, karena sekolah merupakan sasaran empuk bagi ancaman tersebut.“Saya titipkan kepada mereka, kuasai teknologi pengetahuan tapi jangan lupa budaya kita, jangan lupa kemudian nilai Pancasila yang kita miliki dalam keseharian sehingga harapan kita mereka menjadi anak-anak yang relatif sempurna,” tegasnya.

“Otaknya cerdas, emosionalnya cerdas. Nilai kemasyarakatannya bagus, mereka bisa bergotong royong dan kemudian selalu berpikir alternatif,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir 10 siswa asal Jawa Tengah yang mendapat beasiswa dari Pemerintah Provinsi Jateng.

https://www.beritasatu.com/news/941839/di-hadapan-siswa-taruna-nusantara-ganjar-tekankan-pentingnya-pancasila

Related post

Top