Di Hadapan Pelajar, Panglima TNI Resah Mental Ideologi Pancasila Menurun

Apr 28, 2018By admin SMATN

Di Hadapan Pelajar, Panglima TNI Resah Mental Ideologi Pancasila Menurun

Pendidikan

Di Hadapan Pelajar, Panglima TNI Resah Mental Ideologi Pancasila Menurun

Mertoyudan,(magelang.sorot.co)-- Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan ke SMA Taruna Nusantara, Senin (19/3/2018). Dalam kunjungannya ini, Panglima TNI, memberikan ceramah pembekalan kepada seluruh siswa mengenai mempertahankan ideologi Pancasila, serta mempersiapkan diri di era globalisasi.

"Saat ini, mental ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan semakin menurun," ujar Marsekal Hadi Tjahjanto saat memberikan ceramah pembekalan kepada 1.080 siswa SMA Taruna Nusantara di Gedung Balairung Pancasila, Kompleks SMA Taruna Nusantara.

Hadi menceritakan, beberapa waktu yang lalu, dirinya kedatangan tamu dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), yang terdiri dari dewan pengarah Megawati Soekarnoputri diikuti oleh Tri Sutrisno serta Ketua Yudi Latif. Mereka menyampaikan bahwa ada program kerja yang harus dibantu oleh TNI, khususnya bagaimana memberikan pengetahuan sosialisasi tentang Pancasila. 

"Karena dilihat nilai-nilai ideologi Pancasila ini sudah semakin menurun," tutur Hadi.

Hadi juga menjelaskan bahwa pada saat ini Indonesia tengah masuk dalam revolusi industri yang semuanya ditentukan oleh inovasi-inovasi yang bersifat distruktif.

"Hampir 51 persen penduduk di dunia sudah tergabung dalam pengguna internet. Dan yang lebih fantastik lagi, 3 atau 4 hari di kehidupan sehari-hari dihabiskan dengan mengakses internet, dan sisanya seperempat baru hidup di dunia nyata," papar Hadi.

Menurut Hadi, pengaruh globalisasi juga luar biasa. Segala informasi-informasi yang tidak membangun juga mudah mempengaruhi. Hal tersebut juga menyebabkan beberapa ancaman global lainnya, diantaranya ancaman cyber, ancaman biologis (biotrap), dan ancaman kesenjangan.

"Dan dari ancaman-ancaman tersebut akan berkembang sesuai kelompoknya masing-masing. Maka dari itu, para siswa dan siswi harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan tersebut, dengan diberikan pendidikan karakter yang kuat," jelasnya.

Selain itu, Hadi juga mengapresiasi dan bangga kepada para siswa dan siswi di SMA Taruna Nusantara, yang dengan antusias dan percaya diri, ikut dalam acara ceramah pembekalan kali ini.

"Hal ini menggambarkan bahwa para siswa di SMA Taruna Nusantara, memiliki tekad yang kuat dan motivasi yang tinggi dalam menempuh pendidikan di sekolah ini," pungkasnya.

Related post

Top