Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rudy Saladin (TN 2) memproyeksikan Babinsa sebagai pendamping sekaligus pembina UMKM

Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rudy Saladin (TN 2) memproyeksikan Babinsa sebagai pendamping sekaligus pembina UMKM

Oct 14, 2021By admin SMATN

SOLO – Babinsa diproyeksikan menjadi pendamping sekaligus pembina usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat naik kelas selama masa pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi.

Program digitalisasi UMKM bersama Babinsa ini menjadi pilot project Korem 074/Warastratama dan diharapkan menjadi percontohan di kota lain.

“Ada 1.600 orang Babinsa di wilayah kami. Kalau bisa membina 10 UMKM di daerahnya masing-masing, sudah berapa banyak UMKM yang bisa naik kelas? Nah, program ini menjadi peran TNI dalam pemulihan ekonomi, khususnya di Kota Solo,” ungkap Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama Kolonel Inf Rudy Saladin kepada Jawa Pos Radar Solo di sela pelatihan Babinsa bagi pelaku UMKM di co-working space Bank Jateng Solo, kemarin.

Sebelum terjun mendampingi pelaku UMKM, para Babinsa dibekali pemahaman soal digitalisasi UMKM. Danrem menyebut ada berbagai materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut. Mulai dari micro bussiness simulation (MBS), pembukuan sederhana meliputi menyusun rancangan anggaran belanja (RAB) dan mencatat cash flow, membuat laporan keuangan, sampai cara mem-branding produk agar menarik dan bernilai ekonomis tinggi.

“Para Babinsa juga diajarkan soal pemasaran sosial media memanfaatkan teknologi marketing online. Mereka juga akan diajarkan agar produk UMKM bisa masuk ke e-commerce atau start up yang kredibel di Indonesia,” sambung danrem.

Pada pelatihan kelas pertama, diikuti sebanyak 21 Babinsa. Pelatihan berlangsung selama empat pekan di hari Senin dan Selasa.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi upaya danrem melatih Babinsa dalam pendampingan UMKM di wilayah tugasnya masing-masing agar naik kelas, upgrade ke marketplace.

“Selama pandemi Covid-19, TNI turun tangan langsung dalam penanganan. Mulai dari tracing, testing, sampai vaksinasi. Ketika pandemi mulai mereda, TNI juga membantu pemulihan ekonomi dengan melakukan training ke para Babinsa untuk mendampingi UMKM. Harapannya, pascapandemi kita segera melakukan percepatan pemulihan ekonomi setelah UMKM didampingi para Babinsa,” beber Gibran.  (aya/wa/dam)

https://radarsolo.jawapos.com/daerah/solo/13/10/2021/pulihkan-ekonomi-korem-buat-program-digitalisasi-umkm-bersama-babinsa

Related post

0 komentar

  • No Comment

Tinggalkan komentar

Top