Dandim Natuna, Letkol (Arm) Asep Ridwan (TN 6) sosialisasi Pensisru kepada para siswa-siswi pilihan

Dandim Natuna, Letkol (Arm) Asep Ridwan (TN 6) sosialisasi Pensisru kepada para siswa-siswi pilihan

Jan 15, 2021By admin SMATN

Dandim Natuna Berharap Pelajar Natuna Dan Anambas Bisa Masuk di SMA Taruna Nusantara

Metro Times (Kab. Natuna, Kepri) Dalam rangka mencari bibit-bibit berprestasi di bidang pertahanan dari daerah pesisir dan perbatasan, Komandan Kodim (Dandim) 0318/Natuna, Letkol (Arm) Asep Ridwan, SH M.Han (TN 6), mensosialisasikan SMA Taruna Nusantara, kepada para siswa-siswi pilihan dari Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Sosialisasi tersebut dilakukan Dandim dihadapan siswa-siswi kelas VIII dan IX dari SMPN 1 Bunguran Timur dan SMPN 2 Bunguran Timur, yang berlangsung di Ruang Laboratorium SMPN 1 Bunguran Timur, Kamis (14/01) siang.

“Yang ikut sosialisasi kita pilih dari siswa-siswi yang berprestasi, khusus yang mendapat juara 1, 2 dan 3 saja,” ujar Dandim Natuna.

Di depan para peserta sosialisasi, Dandim bercerita, bahwa dirinya adalah salah seorang Alumnus SMA Taruna Nusantara pada tahun 1998 silam. 23 tahun mengabdi sebagai TNI Angkatan Darat, akhirnya dirinya berhasil menyandang jabatan sebagai seorang Dandim, dengan pangkat Letnan Kolonel (Letkol).

“Alhamdulillah dengan jerih payah saya selama ini, akhirnya saya berhasil menjadi Dandim. Orang tua saya bukan orang yang mampu, karena Ayah saya hanya seorang penjahit dan Ibu saya hanya sebagai ibu rumah tangga. Artinya apa, walaupun byground saya dari keluarga sederhana, namun dengan niat dan tekad yang kuat, saya mampu menggapai cita-cita saya,” pesan Asep Ridwan, di depan para peserta sosialisasi.

Pria Kelahiran Bandung Jawa Barat itu menjelaskan, bahwa SMA Taruna Nusantara adalah salah satu sekolah lanjutan atas cukup ternama, yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Para siswa-siswinya adalah orang pilihan yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia.

“SMA Taruna Nusantara adalah salah satu sekolah yang ingin membangun generasi berkarakter. Ilmu itu memang penting, tapi karakter lebih penting. Kalau dalam agama Islam, karakter itu adalah akhlak. Walaupun kita memiliki ilmu yang sangat tinggi, namun kalau tidak memiliki akhlak yang baik, juga percuma,” tuturnya.

Untuk itu Dandim mendorong para siswa-siswi di Kabupaten Natuna, untuk mempersiapkan diri mengikuti tes seleksi menjadi siswa-siswi di SMA Taruna Nusantara.

Sebab kata dia, sejak berdirinya SMA Taruna Nusantara, belum pernah ada siswa-siswi yang berasal dari daerah Kabupaten Natuna dan Anambas.

“Mari kita manfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini. Karena dari lembaga ada dispensasi, yaitu bagi 5 siswa terbaik dari Natuna dan Anambas, diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi. Tes nya secara online, jadi kita tidak perlu berangkat dulu kesana,” jelas Asep Ridwan.

Pria yang gemar diving itu juga berpesan, jika nantinya ada putra-putri daerah Natuna yang berhasil mengenyam pendidikan di SMA Taruna Nusantara, ia berharap ke depannya dapat kembali lagi ke Natuna untuk membangun daerahnya.

“Nanti kalau misalnya adik-adik sudah sukses, mohon kembali lagi ke Natuna untuk membangun daerah. Saya yang bukan orang Natuna saja sangat ingin membangun Natuna, masak adik-adik yang asli sini tidak mau membangun Natuna,” pesan Dandim.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Wan Tahriri, mengungkapkan, bahwa sejauh ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Natuna belum pernah membahas tentang bea siswa bagi siswa-siswi berprestasi, untuk masuk ke SMA Taruna Nusantara. Namun jika kesempatan ini dapat bergulir setiap tahun, maka ke depan pihaknya dapat mengagendakan mengenai bea siswa yang dimaksud bagi putra-putri berprestasi.

“Tentunya Pemda Natuna akan terus mensuport para siswa-siswi yang berprestasi. Namun untuk memberikan bea siswa untuk masuk ke SMA Taruna Nusantara, memang belum ada. Namun ini bisa menjadi agenda kami ke depannya, untuk memberikan reward bagi siswa-siswi berprestasi,” kata Wan Tahriri.

(rif) https://metrotimes.news/breaking-news/dandim-natuna-berharap-pelajar-natuna-dan-anambas-bisa-masuk-di-sma-taruna-nusantara

Related post

0 komentar

  • No Comment

Tinggalkan komentar

Top