Amanat Kepala SMA Taruna Nusantara Selaku Inspektur Upacara Bendera Peringatan HUT Ke-75 Republik Indonesia

Amanat Kepala SMA Taruna Nusantara Selaku Inspektur Upacara Bendera Peringatan HUT Ke-75 Republik Indonesia

Aug 17, 2020By admin SMATN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera,

Om Swastiastu

Namo Budhaya

Salam Kebajikan

 

Yang saya hormati Para Wakil Kepala Sekolah

 

Para Pamong dan Perwakilan Siswa yang saya cintai dan saya banggakan.

 

Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pagi hari ini kita memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 melalui Upacara Bendera sebagai salah satu rangkaian perayaan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-75.

 

Tepat 75 tahun yang lalu, lagu kebangsaan Indonesia Raya menggetarkan pengibaran bendera pusaka di langit biru Ibu pertiwi, sebagai penanda lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebuah Negara Kepulauan dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia, yang terbentang di sepanjang khatulistiwa dengan keragaman etnis budaya, bahasa, flora dan fauna yang tersebar di 17 ribu pulau, yang dipersatukan oleh kesadaran mewujudkan cita-cita bersama.

 

Para peserta upacara yang saya cintai, 

Tema perayaan nasional HUT ke-75 Kemerdekaan RI kali ini adalah "Sumber Daya Manusia  Unggul, Indonesia Maju".

 

Pemerintah telah menjadikan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkelanjutan sebagai fokus penggunaan anggaran negara di tahun 2020 ini, Jadi negara harus hadir dalam upaya pembangunan SDM Indonesia agar memiliki daya saing dalam persaingan global, meskipun dalam perkembangannya Pandemi Covid-19 telah secara signifikan mengubah banyak hal.

 

Pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran berharga dan memaksa untuk mengembangkan cara-cara baru, membangun norma-norma baru, membangun standar kebaikan dan kepantasan yang baru.

 

Hal itu juga berlaku bagi kita SMA Taruna Nusantara.

Kita semua, Pengurus Sekolah, Pamong dan Siswa SMA Taruna Nusantara harus melakukan cara-cara luarbiasa untuk mengembangkan norma-norma baru, dan standar-standar kebaikan dan kepantasan baru.

 

Kita tidak memiliki banyak kesempatan untuk memenangkan “pertarungan” melawan Pandemi Covid-19 dan eksesnya ini, sehingga kita tidak bisa hanya merasa cukup melakukan tugas-tugas dengan cara rutinitas atau cara biasa-biasa saja, apalagi jika sekedar memenuhi tugas administrasi saja.

 

“Kita harus berubah, kita harus mengembangkan cara-cara baru, mengembangkan strategi baru yang smart shortcut, yang out of the box,” seperti sering saya katakan. Dan kata kuncinya tetaplah: Peduli dan Keteladanan

 

Para peserta Upacara yang saya cintai,

Dengan memperingati HUT Kemerdekaan RI ini saya berharap kita semakin siap untuk memasuki babak baru SMA Taruna Nusantara yang mendidik semua Siswa SMA Taruna Nusantara agar memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi dan semangat belajar yang bukan cuma lebih rajin tetapi lebih cerdas dan lebih efektif, agar semua Siswa mampu menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita ini bangga dan berjaya sesuai visi dan misi SMA Taruna Nusantara.

 

"Semangat Nasionalisme" itu sangatlah penting, apalagi bagi Siswa SMA Taruna Nusantara, karena jiwa nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama, sehingga pembangunan negara ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan kita bersama.

 

Siswa SMA Taruna Nusantara bersama remaja lainnya adalah pemilik masa depan, karena itu kita harus menempa kepribadian mereka sehingga memiliki karakter yang kuat dan kita didik mereka sehingga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu berprestasi dalam semua  bidang sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing dan kita latih mereka sehingga memiliki fisik yang sehat, bugar dan trengginas untuk pada gilirannya mampu memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara dan dunia.

 

Demikian sambutan saya, terimakasih atas perhatiannya.

Dirgahayu Republik Indonesia ... !!

Merdeka..!! Merdeka..!!

Salam Nusantara !!!

J a y a !!!

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Om santi-santi Om

Namo Budhaya

Salam Kebajikan

 

Magelang, 17 Agustus 2020

Kepala SMA Taruna Nusantara

 

Mayor Jenderal TNI (Purn) Tono Suratman, S.IP.

 

Related post

0 komentar

  • No Comment

Tinggalkan komentar

Top