2 pamen Kopassus lulusan terbaik Akmil yang bertugas di Papua adalah alumni SMATN

2 pamen Kopassus lulusan terbaik Akmil yang bertugas di Papua adalah alumni SMATN

Oct 21, 2021By admin SMATN

 

JAKARTA, iNews.id – Dua jenderal Korps Pasukan Khusus atau Kopassus yang bertugas di Tanah Papua ternyata lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil). Selain mereka, dua perwira menengah, masing-masing berpangkat kolonel dan letnan kolonel yang juga peraih Adhi Makayasa turut bertugas di pulau ujung timur Indonesia tersebut.

 

Dua jenderal tersebut yakni Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa dan Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi. Cantiasa memegang tongkat komando tertinggi Kodam Kasuari yang bermarkas di Manokwari, Papua Barat.

 

Selain menjaga keamanan wilayah Papua, tugas para jenderal tersebut antara lain turut menyukseskan program vaksinasi nasional Covid-19. Langkah ini sebagai ikhtiar untuk menekan laju penularan virus corona. Pangdam menyerukan agar masyarakat taat dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

 

"Negara-negara di luar negeri seperti Jepang, Korea Selatan kenapa bisa terhindar dari Covid-19, itu karena masyarakatnya disiplin. Jadi benang merah ini harus kita urai satu-satu, kalau kita tidak disiplin banyak orang pasti akan kena,” kata Cantiasa, dikutip dari laman situs resmi Kodam XVIII/Kasuari, Minggu (11/7/2021).

 

Adapun dua pamen Kopassus lulusan terbaik Akmil yang bertugas di Papua yakni Kolonel Inf Lucky Avianto sebagai Asops Kasdam XVIII/Kasuari dan Letnan Kolonel Inf Rizky Marlon Silalahi, Dandim 1702/Sarmi, Abepura, Jayapura. Video Aksi Heroik 3 Taruna Akmil Papua Selamatkan Penumpang Speedboat di Raja Ampat

 

Berikut profil mereka:

 

1. Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa

 

Jenderal kelahiran Buleleng, Bali ini meraih Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama Akmil 1990. Cantiasa tak serta merta bergabung di Korps Baret Merah.

 

Awal kariernya malah di Korps Baret Hijau alias Kostrad. Cantiasa ditugaskan sebagai Danton Yonif Linud 328 Dirgahayu/Kostrad kemudian Danki Yonif Linud 328 Dirgahayu/Kostrad. Tapi setelah itu hampir seluruh kariernya berkecimpung di Kopassus.

 

Bermula dari Dan Unit Den 81 Gultor/Kopassus, berbagai jabatan di pasukan elite itu pernah diembannya. Cantiasa tercatat pernah memimpin Pasukan Siluman alias Dansat 81/Gultor Kopassus. Kariernya semakin melejit dengan dipercaya sebagai Dankopassus pada 2019.

 

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/81/I/2019, tanggal 25 Januari 2019, Cantiasa menggantikan Mayjen TNI Eko Margiyono yang dimutasi sebagai Pangdam Jaya. Pada Agustus 2020, Cantiasa dipercaya untuk berkiprah di teritorial dengan memegang tongkat Komando Kodam XVIII/Kasuari.

 

2. Brigjen TNI Bambang Trisnohadi

 

Bambang Trisnohadi lulus dari Akmil 1993 kecabangan infanteri dengan status Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama. Dia pun lantas ditempa Korps Baret Merah.

 

Dalam rekam jejaknya, Bambang tercatat sebagai perwira cerdas. Dia mencetak hattrick terbaik dalam pendidikan militer yang diikutinya. Selain Adhi Makayasa, Bambang juga lulusan terbaik Sesko AD (2008) dan Sesko TNI (2017).

 

 

 

Mantan Dandenwalpri Grup A Paspampres ini pernah dipercaya memimpin Pasukan Tengkorak alias menjabat Danyonif 315/Garuda. Pada 2012, dia kembali menjadi Perisai Hidup Presiden/Wapres dengan menjabat Dangrup A Paspampres.

 

Setelahnya dia dipercaya sebagai Asops Kasdam VI/Mulawarman dan Koorspri KSAD (2015 - 2017). Bambang selanjutnya diberi amanat baru sebagai Kasdam XVII/Cenderawasih. Dia membantu tugas-tugas seniornya, Pangdam Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono yang juga Jenderal Kopassus.

 

3. Kolonel Inf Lucky Avianto (TN 1)

 

Lulus dari SMA Taruna Nusantara, Lucky menempuh pendidikan di Akmil dan lulus pada 1993 dengan status terbaik. Prajurit kelahiran Jakarta ini lantas digembleng Kopassus.

 

Mirip dengan Bambang Trisnohadi, Lucky juga dikenal sebagai perwira cerdas. Selain Adhi Makayasa, dia juga lulusan terbaik lulusan terbaik Dikreg Seskoad Angkatan XLIX TA 2011 dan lulusan terbaik Dikreg XLVI Sesko TNI TA 2019.

 

Awal kariernya di Grup 2 Kopassus Karang Menjangan. Dia pernah ditugaskan sebagai Danyonif 400/Raider serta Danyonif 500/Raider, kemudian di teritorial sebagai Dandim 0829/Bangkalan.

 

Seiring pangkat kolonel, dia dipercaya sebagai Asops Danjen Kopassus (2017-2018) dan Komandan Grup 1/Kopassus (2018-2019). Setelah pendidikan Sesko TNI, Lucky ditugaskan sebagai Puskodalops Satgas Covid19 (2020) dan berlanjut Asops Kasdam XVIII/Kasuari.

 

4. Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi. (TN 7)

 

Tentara berdarah Batak kelahiran Semarang, Jawa Tengah ini merupakan lulusan Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama Akmil 2002. Rizky lalu ditempa Pasukan Siluman Kopassus alias Sat 81/Gultor.

 

Jabatan yang pernah disandangnya yaitu Dantim Cakra Sat-81 Kopassus, Kasi-1/Intel Sat-81 Kopassus, Kasi-2/Ops Sat-81 Kopassus, Danden Teknik Sat-81/Kopassus, serta Danyon 811 Sat-81 Kopassus. Pada 7 Agustus 2020, Rizki dipromosikan sebagai Dandim 1702/Sarmi di bawah Kodam XVII/Cenderawasih.

 

Editor : Zen Teguh
https://papua.inews.id/berita/komando-2-jenderal-dan-2-pamen-kopassus-di-papua-ini-lulusan-terbaik-akmil/all.

 

 

 

Related post

Top