TUPLATGANDA DAN PEMBARETAN TN35

Penutupan Latihan Berganda dan Pembaretan TN35

Upacara Pembaretan TN35: Tanda Penghormatan dan Tanggung Jawab

Pada Sabtu, 5 Oktober 2023, di bawah bendera Merah Putih yang berkibar megah, 804 siswa SMA Taruna Nusantara kelas X Angkatan 35 resmi menerima Baret Biru, menandai selesainya seluruh rangkaian Pendidikan Dasar Kedisiplinan (PDK). Acara yang berlangsung di Lapangan Tembak Plempungan, Salaman, Magelang ini penuh dengan makna dan emosi, menjadi sejarah yang akan selalu diingat oleh seluruh siswa TN35.

Simbol Kehormatan dan Tanggung Jawab

Dalam momen penuh khidmat tersebut, Kepala SMA Taruna Nusantara, Mayjen TNI (Purn.) Tono Suratman, memasangkan Baret Biru kepada para siswa. Dengan tegas beliau menyampaikan, “Baret Biru ini bukan hanya sekedar simbol, tetapi merupakan Baret Kehormatan yang harus Saudara jaga. Mulai saat ini, Saudara harus belajar menjaga kehormatan diri, keluarga, almamater, serta bangsa dan negara.”

Di bawah terik matahari, suara lantang Kepala Sekolah diiringi oleh gemuruh jawaban serentak dari para siswa, “Siap, bersedia!” Sebuah pengakuan atas tanggung jawab besar yang kini mereka emban sebagai siswa SMA Taruna Nusantara.

Tradisi dan Motivasi

Pembaretan ini tidak hanya dilakukan oleh Kepala Sekolah, namun juga oleh sejumlah pejabat sekolah dan pamong-pamong SMA Taruna Nusantara. Di antaranya, Ny. Lia Tono Suratman (Ibu Asuh SMA Taruna Nusantara), Wakasekmin Mayjen TNI (Purn.) Nanang D. Priadi, Wakaseksuh Mayjen TNI (Purn.) Yacob D. Sarosa, Wakaseksis Mayjen TNI (Purn.) Asrobudi, serta Wakasekdik Bambang Edi S. Mereka semua turut memasangkan baret kepada siswa, memberikan semangat dan motivasi untuk terus menjaga kehormatan dan nilai-nilai yang telah ditanamkan selama masa PDK.

Tak sedikit siswa yang meneteskan air mata saat mendengar pesan-pesan mendalam dari pengurus sekolah dan pamong-pamong. Dengan tegas dan penuh hormat, seluruh siswa merespons, “Siap! Terima kasih!”

Proses Pembentukan Karakter

Rangkaian Upacara Penutupan Latihan Berganda dan Tradisi Pembaretan ini bukan hanya sekadar seremonial. Di SMA Taruna Nusantara, pendidikan tidak hanya diberikan melalui nasihat, tetapi melalui pelatihan terus-menerus yang berfokus pada pembentukan karakter, kreativitas, ketangguhan, dan produktivitas. Itulah semangat yang diterapkan di SMA Taruna Nusantara dalam mendidik generasi penerus bangsa.

Pembaretan ini menjadi simbol awal perjalanan panjang siswa dalam menjaga nilai-nilai disiplin, kehormatan, dan loyalitas, serta mengasah jiwa kepemimpinan mereka sebagai calon pemimpin masa depan.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top