Distribusi Hewan Kurban Idul Adha 1444 H tahun 2023

Sebagai lembaga pendidikan, SMA Taruna Nusantara menjadikan hari raya Idul Adha 1444 H. bukan hanya sebagai tujuan ibadah bagi seluruh keluarga besarnya yang beragama Islam semata, tetapi juga sebagai sarana pendidikan bagi seluruh Siswa SMA Taruna Nusantara 

Jika di tahun-tahun sebelum Pandemi, kegiatan penanganan hewan kurban dilaksanakan langsung oleh seluruh siswa SMA Taruna Nusantara, kali ini, karena bersamaan dengan cuti kenaikan kelas, maka penanganannya berbeda. Empat tahun lalu, ratusan kambing dan puluhan sapi dibeli, didatangkan, disembelih, dicacah dan didistribusikan oleh siswa kepada pihak-pihak yang berhak menerimanya. 

Saat ini, meskipun seluruh Siswa dan Pamong sedang cuti dan mungkin melaksanakan ibadah kurban di tempat cutinya masing-masing, tetapi masih ada sebanyak 25 ekor kambing dan 4 ekor sapi yang berasal dari keluarga besar SMA Taruna Nusantara yang dikurbankan.

Bahkan Menteri Pertahanan RI H. Prabowo Subianto yang juga Pembina SMA Taruna Nusantara memberikan kurban satu ekor sapi. Tiga ekor sapi lainnya berasal dari Kepala LPTTN Sugiono (TN 5), dari Wakil Kepala LPTTN Prasetyo Hadi (TN 6) dan dari Pengurus SMA Taruna Nusantara.

Hewan kurban dari Menhan H. Prabowo Subiyanto diserahkan kepada Pondok Pesantren Salaf Tegal Rejo (Gus Yusuf), kurban dari Sugiyono diberikan kepada Pondok Pesantren KH. Ahmad Said Asrori dan Pondok Pesantren Surya Buana Pakis. Kurban dari Prasetyo Hadi diberikan kepada Pondok Pesantren API Al Huda, Nepak (KH. Usman Ali).

Meskipun proses pendistribusian hewan kurban kali ini tidak melibatkan siswa SMA TN secara langsung, tetapi proses perencanaan dan komunikasi secara daring tetap melibatkan siswa, khususnya yang tergabung menjadi takmir masjid Pangsar Sudirman SMA Taruna Nusantara.

Pamong Pengurus Takmir Masjid SMA TN Drs. Harsono, M.Si., Drs. Maryanto, Maulana SE., bersama dengan Pamong Agama Islam SMA TN, Agus Budi Kurniawan, S. Ag. dan Sigit Purwanto, S.Pd.I, M.Pd. dibantu Agus Reko dari Humas SMA TN turun langsung untuk mendistribusikan hewan-hewan kurban di atas, dalam keadaan hidup kepada pihak-pihak yang berhak menerima. 

Informasi distribusi hewan kurban ini disampaikan kepada seluruh Siswa untuk dijadikan sarana pendidikan bagi Siswa SMA Taruna Nusantara. Melalui kegiatan ini, mereka akan belajar tentang pentingnya berbagi dan menghormati sesama. Mereka akan menyadari bahwa hidup ini tidak hanya tentang mengumpulkan harta dan kelimpahan, tetapi juga tentang memberi kepada orang lain yang membutuhkan.

Scroll to Top