Para Pendidik Yang Menyenangkan Saat Tes Kesamaptaan Jasmani

“Sekolah yang hebat itu ditentukan oleh kehebatan para pendidiknya” demikian dikatakan oleh Kepala SMA Taruna Nusantara, Mayjen TNI Purn. Tono Suratman pada suatu kesempatan. 

“Pendidikan adalah proses pembelajaran yang sangat penting dalam kehidupan setiap individu. Tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan mempersiapkan individu untuk masa depan. Salah satu prinsip yang harus dipegang teguh dalam pendidikan adalah bahwa pembelajaran harus menyenangkan.”ujarnya lagi.

Pemandangan yang “relate” dengan hal tersebut bisa dilihat dari wajah-wajah dan gestur para Pendidik SMA Taruna Nusantara pagi ini, Selasa, 20 Juni 2023 saat mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani. Dengan riang gembira dan riuh saling bercanda, mereka, para Pamong Pengajar Pengasuh disaksikan oleh Kepala Sekolah dan Wakil-wakil Kepala Sekolah serta beberapa Pamong Administrasi mengikuti Tes yang menguji kesegaran jasmani mereka. Sebuah kebijakan Pimpinan Sekolah untuk selalu menjaga kesehatan dan kesegaran jasmani semua pendidik.

Para pendidik yang sehat jiwa raganya akan dengan mudah membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan.  Mereka akan mudah dan mampu menghadirkan suasana kelas yang tidak hanya mengajar, tetapi juga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menguasai keterampilan yang diperlukan untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.

Mengapa pendidikan harus menyenangkan? Karena manusia memiliki sifat alami untuk mencari kesenangan dan kebahagiaan dalam aktivitas yang dilakukan. Dalam konteks pendidikan, menyediakan suasana belajar yang menyenangkan dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa untuk belajar.

Selain itu, pendidik yang sehat jiwaraganya akan memiliki sikap yang positif dan ramah terhadap siswa. Mereka akan mampu bersikap sabar, menyambut dan mendukung keberagaman, serta mampu membangun hubungan yang baik dengan siswa. Dengan begitu, siswa akan merasa aman dan nyaman di lingkungan pembelajaran mereka.

Scroll to Top