Review Karyawisata Ke PELINDO

Setelah melakukan kunjungan karyawisata ke Pelindo tgl. 11 Maret 2023 lalu, Siswa kelas XI melakukan kajian dan “review” kegiatan tersebut.

Selain mengenang kesan-kesan kunjungan di PT. Pelindo Tbk. yang seru, mengagumkan dan mengesankan, Siswa juga membuat “review” objektif terhadap PT. Pelindo.

Mereka menyimpulkan, sejak dipimpin oleh Dirut Arif Suhartono, Pelindo telah mencapai beberapa prestasi dan inovasi penting dan strategis dalam mengatur distribusi barang di dalam negeri maupun ekspor-impor, di antaranya:

1. Penyediaan Fasilitas Pelabuhan Modern.

Pelindo telah berhasil meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan di beberapa pelabuhan utama di Indonesia, seperti Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Tanjung Perak, dengan menyediakan fasilitas modern dan memperbaiki infrastruktur di pelabuhan tersebut. Pelabuhan Tanjung Priok kini telah menjadi salah satu pelabuhan terbesar dan paling ramai di Asia Tenggara.

2. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas.

Pelindo telah melakukan transformasi proses bisnis dan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasionalnya. Hal ini termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang lebih canggih, seperti sistem manajemen terminal otomatis dan aplikasi pelacakan kargo online.

3. Pengembangan Pelabuhan Logistik Terintegrasi.

Pelindo telah berinvestasi dalam pengembangan pelabuhan logistik terintegrasi yang dapat memberikan solusi one-stop-shop bagi pengusaha dan pengusaha logistik. Pelindo telah membangun Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara dan Pelabuhan Patimban di Jawa Barat, yang mampu melayani kebutuhan logistik untuk wilayah yang luas.

4. Peningkatan Pelayanan Pelanggan.

Pelindo telah meningkatkan kualitas layanan pelanggan melalui penggunaan teknologi dan pelatihan karyawan. Hal ini termasuk pengembangan aplikasi pelacakan kargo online dan pelatihan staf untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

5. Diversifikasi Usaha dan Bisnis.

Pelindo telah melakukan diversifikasi usaha dan bisnis dengan mengembangkan bisnis jasa terminal peti kemas dan pengembangan bisnis ekspansi ke sektor logistik dan jasa pengiriman.

6. Kontribusi terhadap Perekonomian Indonesia.

Pelindo telah berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia dengan menyediakan infrastruktur pelabuhan yang modern dan efisien, memperkuat sistem logistik nasional, dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

7. Keberlanjutan Lingkungan.

Pelindo telah memperkuat program keberlanjutan lingkungan dengan melakukan investasi dalam teknologi hijau dan inovasi berkelanjutan. Hal ini termasuk penggunaan sumber energi terbarukan dan pengurangan emisi karbon di seluruh operasi pelabuhan.

Sebagai bangsa maritim, kunjungan Karyawisata ke Pelindo yang dipimpin langsung oleh Kepala SMA Taruna Nusantara Mayjen TNI Purn. Tono Suratman ini, sangat konstruktif dan inspiratif bagi Siswa SMA Taruna Nusantara.

Scroll to Top